Sukses

Lifestyle

Menurut Studi, Berwiraswasta Adalah Pekerjaan Paling Membahagiakan

Bagi sebagian orang, bekerja di perusahaan ternama atau di instansi pemerintahan dengan menyandang gelar PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah suatu kebanggaan tersendiri. Bekerja di kantoran dengan seragam rapi dan gaji tetap per bulannya juga nampaknya masih menjadi impian dari banyak orang.

Namun tahukah kamu ladies, di era serba modern ini pekerjaan di instansi ternama belum tentu membuat bahagia. Ya, walaupun banyak orang tua bangga jika anaknya bisa bekerja di instansi ini. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal "Work Emploment and Society" menemukan bahwa orang yang bekerja untuk dirinya sendiri atau berwiraswasta ternyata lebih bahagia dari orang-orang yang bekerja untuk instansi atau bekerja untuk orang lain.

Penelitian yang ada juga menyebutkan jika orang-orang yang memutuskan berwiraswasta nampaknya lebih sukses dari mereka yang bekerja untuk orang lain. Wiraswastawan bahkan dibilang lebih merasa puas dengan kontribusi mereka dalam bidang profesional.

Peter Warr, seorang profesor di University of Sheffield mengatakan, "Pekerja profesional yang berwiraswasta benar-benar menghargai nilai yang mereka anut."

Kenapa orang yang berwiraswasta dikatakan lebih bahagia dari orang yang bekerja untuk orang? Jawabnya adalah, para wiraswastawan ternyata memiliki kebebasan untuk berinovasi dan mengekspresikan pandangan mereka sendiri. Mereka juga lebih bebas dalam menjalankan usahanya sendiri atau meningkatkan karirnya.

Studi yang dilakukan di University of Exeter menyebutkan bahwa orang-orang yang bekerja di sektor wiraswasta dan mencapai hasil yang maksimal atas setiap usahanya bisa lebih bahagia karena akhirnya mereka bisa merasakan hasil dari jerih payahnya selama ini. Hasil inilah yang begitu membuatnya menghargai segala sesuatu. Berwiraswasta juga mengajarkan seseorang untuk lebih sabar, tabah dan pantang menyerah untuk setiap kesuksesan yang hendak diraihnya.

Meski wiraswasta dikatakan sebagai pekerja paling bahagia di dunia, ini tidak menutup kemungkinan orang-orang yang bekerja untuk orang lain juga lebih bahagia. Apalagi, ketika orang tersebut belum memiliki modal cukup untuk memulai usaha dan berwiraswasta.
Sumber: Liputan6.com



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading