Sukses

Lifestyle

Hasil Survei: Orang Indonesia Paling Optimis Dalam Meraih Kesuksesan Hidup

Ladies, menurutmu makna sukses itu seperti apa? Bekerja di perusahaan ternama, jabatan tinggi, atau memiliki gaji besar? Nah, sebenarnya makna sukses bagi sebagian besar masyarakat Indonesia ternyata sederhana, yaitu dapat menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan, seperti yang diungkap dari ‘Success’ studi terbaru dari LinkedIn.

Ketika diminta untuk menjelaskan tentang makna dari kesuksesan secara umum, lebih dari 74% orang Indonesia setuju bahwa sukses berarti ‘Bahagia’, diikuti ‘Sehat’ (64%) dan ‘Menjaga Keseimbangan antara Karier dan Kehidupan Pribadi’ (62%).

Data juga mengungkap bahwa orang Indonesia paling optimis dalam hal mampu meraih sukses dalam waktu satu tahun, jika dibandingkan orang-orang dari negara lain di Asia Pasifik. Sebanyak 16% orang Indonesia mengungkapkan optimismenya untuk bisa meraih sukses dalam waktu satu tahun, sedangkan negara yang memiliki orang-orang dengan tingkat optimisme tinggi lainnya di Asia Pasifik adalah India (10%), diikuti oleh Singapura (3%), Australia (3%), Hong Kong (2%), dan China(2%). Hasil studi juga mengungkap bahwa 67% orang Indonesia sudah merasa dirinya sukses, angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata dunia yang hanya 57%. 

Sukses Merupakan Sebuah Perjalanan Panjang untuk Meraih Kebahagiaan

Orang Indonesia meyakini bahwa tidak ada definisi pasti dari kesuksesan, hampir 70% orang Indonesia menyatakan bahwa setiap orang memaknainya secara berbeda beda. Mayoritas, atau 51%, setuju bahwa sukses tidak hanya suatu pencapaian besar yang memerlukan waktu panjang (long-term) untuk diraih, namun sukses juga bisa terdiri dari berbagai pencapaian kecil setiap harinya yang membuat seseorang merasa bahagia. Ini merupakan proses yang selalu berkembang dan harus dilalui seseorang seumur hidupnya. Orang Indonesia berharap mampu memanfaatkan kesempatan ini sepenuhnya dengan sehat, serta bisa menjalaninya bersama keluarga dan orang yang di cintai.


Komunitas Turut Membentuk Persepsi Kita Terhadap Makna dari Kesuksesan

Sukses dan bahagia memang sebuah mindset dari masing-masing orang, namun proses pemaknaannya ternyata sangat dipengaruhi oleh beragam faktor eksternal. Studi LinkedIn mengungkap bahwa lebih dari 68% orang Indonesia menyatakan bahwa pandangan lingkungan sosial mereka terhadap makna sukses ternyata berpengaruh terhadap perjalanan mereka untuk memaknai dan meraih sukses, sementara 80% mengatakan bahwa latar belakang pendidikan membentuk persepsi terhadap makna dari kesuksesan. Menariknya, pakaian dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri (71 %) dalam perjalanan menemukan dan meraih sukses.

Linda Lee, Head of Communications, Southeast Asia and North Asia at LinkedIn. mengatakan, kepercayaan diri orang Indonesia dalam meraih kesuksesan dalam hidup bisa menjadi motivasi bagi orang di negara lain, terlebih ketika pemaknaan tentang arti sukses sendiri tidak hanya lagi sebatas pencapaian karier semata – gaji maupun jabatan.

Seiring dengan semakin matangnya dunia tenaga kerja di Indonesia, di mana karier dan kehidupan personal semakin menyatu, para profesional menganggap bahwa sukses, pencapaian, dan kebahagiaan memiliki beragam makna.

“Untuk itu, kami mendorong para anggota LinkedIn untuk lebih aktif membangun komunitas dan jaringan, sehingga dapat menjadi lebih dekat dalam hal menemukan makna dan meraih sukses dalam hidup,” ujarnya seperti rilis yang diterima redaksi vemale.com.


Tentang Survei LinkedIn

Semua angka, kecuali dinyatakan oleh pihak lain, adalah hasil studi “Success” LinkedIn . Total ukuran sampel lebih dari 1.000 orang dewasa Indonesia. Pengambilan data dilakukan pada kuartal empat tahun 2017. Survei dilakukan secara online. Angka-angka telah ditimbang dan mewakili orang dewasa Indonesia yang berusia 18 ke atas.

Apa arti sukses menurutmu dan apa yang kamu raih setiap harinya? Nah semuanya bisa kamu ceritakan di LinkedIn dengan #EverydayWins.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading