Sukses

Lifestyle

Punya Masalah dengan Rekan Kerja? Begini Cara Mengatasinya

Kehidupan di kantor, bergelut dengan pekerjaan, berpikiran serius dengan banyak tekanan, pastinya kamu akan menemui berbagai masalah yang melibatkan hubungan baikmu dengan rekan kerja. Lalu bagaimana sebaiknya menghadapi konflik dengan rekan kerja?

Seperti dilansir dari Female Network, Kamis (3/4/2018), ini dia caranya menghadapi konflik dengan rekan kerja.

1. Jaga emosi tetap tenang
Pertama yang bisa kamu lakukan adalah tetap tenang. Jangan menghadapinya dengan penuh emosi. Dengan bersikap tenang, menunjukkan bahwa kamu menghormati diri sendiri dan rekan kerja, sekaligus terlihat profesional.

2. Jangan bergosip
Kedua, jangan menyebar gosip buruk. Tentu saja kamu ingin menceritakan kejadian yang kamu alami, tapi tidak perlu menyebar cerita ke semua orang. Bukan hanya memberi citra buruk pada dirimu, tapi juga memperburuk hubungan dengan rekan kerja yang bermasalah denganmu. Ceritakan saja hanya pada rekan kerja yang terpercaya untuk mendapatkan saran.

3. Bicarakan dengan baik dan berkompromilah
Ketika situasinya sudah agak membaik, atau masalah itu harus cepat diselesaikan sehingga tidak ada kesalahpahaman, maka datangilah rekan kerja tersebut dan ajaklah berbicara. Komunikasikan dengan baik dan dengarkan penjelasannya. Begitu pula ia, perlu mendengar penjelasanmu. Dengan membuka masalah secara fair, kalian bisa saling memahami dan berkompromi dengan situasi masing-masing.

4. Konsultasi dengan HRD
Jika konflik dengan rekan kerja sepertinya tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, mau tidak mau akan ada efek terhadap profesionalitas pekerjaan. Hal ini bisa mengganggu produktivitas dan mood kerja. Hanya jika masalah menjadi sangat gawat, kamu bisa melaporkannya ke HRD. Tapi selama bisa diselesaikan dengan bertemu dan bicara empat mata, tidak perlu sejauh itu.

5. Jika semuanya gagal, abaikan
Jika semua usaha untuk berdamai dengannya sudah kamu lakukan tapi tidak ada hasilnya, maka hal terbaik yang harus kamu lakukan adalah mengabaikannya. Fokuslah pada dirimu dan lakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.

Itu dia sekian hal yang bisa kamu lakukan jika memiliki konflik dengan rekan kerja. Masalah memang harus dihadapi dan diselesaikan, jangan dibiarkan dan berpikir akan selesai sendiri seiring berjalannya waktu ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading