Sukses

Lifestyle

Ini 7 Profesi Menjanjikan dan Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang mapan dan bergaji besar, apalagi punya peluang sukses dan berkembang di masa depan. Perkembangan zaman ternyata juga mempengaruhi perkembangan profesi dan kesuksesan pekerjaan dalam berbagai bidang.

Menurut data Badan Pusat Statistik per Agustus 2017, ada 7,04 juta pengangguran di Indonesia. Jumlah itu naik dari 7,03 juta pengangguran pada Agustus 2016. Meski begitu, ada sejumlah profesi ternyata berpeluang besar dan sangat dibutuhkan di Indonesia saat ini. Dilansir dari DuitPintar.com, ini pekerjaan yang punya peluang sukses di masa depan.

1. Ahli konstruksi

Masih menjadi pekerjaan yang menjanjikan dari berbagai masa, namun belakangan ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mengadakan proyek infrastruktur. Profesi ahli konstruksi juga tidak bisa sembarangan bisa diklaim. Harus ada sertifikat dan pengalaman yang membuktikan kemampuanmu. Mahasiswa jurusan teknik sipil atau arsitektur berpeluang menyandang profesi ini.

2. Auditor

Masalah uang memang sensitif dan banyak dialami orang, terutama dalam organisasi seperti perusahaan. Karena itulah peran auditor sangat penting untuk menjaga keuangan perusahaan tetap stabil. Auditor bertugas mengecek pengeluaran dan pemasukan, khususnya pengeluaran yang janggal atau tidak perlu. Profesi ini juga sangat dibutuhkan dalam pemerintah untuk mengendus potensi korupsi. Jadi, mahasiswa akuntansi berpeluang besar mengisi profesi ini.

3. Arkeolog

Indonesia memiliki banyak temuan dan situs prasejarah, perlu banyak digali dan temuan-temuan tersebut pasti berguna untuk pengetahuan dunia. Masih sedikit profesi arkeolog, dan pekerjaan ini masih sangat dibutuhkan. Mahasiswa dari jurusan arkeologi berpeluang besar dalam profesi ini.

4. Analis data

Di era perkembangan digital, ada profesi baru yang sangat dibutuhkan, yaitu data analyst.Data informasi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Karena itulah profesi analis data sangat dibutuhkan. Analis data bertugas mencari, verifikasi, dan memanfaatkan data informasi sesuai dengan kebutuhan.

Bila menyangkut bisnis, data tersebut menyangkut pasar, tren, logistik, hingga pesaing. Mahasiswa dari jurusan mana pun bisa menjadi analis data, asal tidak alergi dengan hitung-hitungan angka.

Profesi analis data dibutuhkan di masa kini/copyright Pexels.com

5. Ahli perkapalan

Ahli perkapalan sedang banyak dibutuhkan pemerintah untuk memajukan sektor maritim. Karena pemerintah mengejar target menjadi negara yang berdaulat secara maritim. Ahli perkapalan juga dibutuhkan untuk pekerjaan minyak dan gas bumi di lepas pantai. Tugasnya adalah memastikan kapal bekerja semestinya. Mahasiswa teknik perkapalan berpeluang besar untuk profesi ini.

6. Social media strategist

Profesi ini belum ada hingga sekitar tahun 2005. Begitu muncul banyak media sosial, muncul pula kebutuhan akan profesi ini. Social media strategist bertugas menemukan tren terkini dan berinteraksi dengan pelanggan untuk kepentingan bisnis perusahaan. Padahal diperlukan keahlian khusus untuk bergelut di dunia kerja yang satu ini, dari mengolah data hingga kecerdasan emosional. Jurusan apa pun bisa jadi social media strategist, asal mengikuti tren kekinian, dan tahu perkembangan media sosial.

7. Air traffic controller (ATC)

Tidak pernah tahu profesi ini? Wajar, tapi jangan abaikan namanya yang asing. Karena tugas ATC layaknya polisi lalu lintas. Tapi yang diatur adalah lalu lintas pesawat terbang. Petugas ATC harus memastikan pesawat lepas landas dan mendarat dengan selamat, memastikan kondisi lalu lintas udara dan lain sebagainya. Ada ilmu penerbangan yang harus dikuasai. Mahasiswa teknik pesawat dan sekolah khusus ATC lah yang bisa memanfaatkan peluang ini.

Nah, itu dia sekian profesi yang punya peluang besar untuk sukses di masa kini dan masa depan. Sangat perlu melihat perkembangan karir saat ini sebelum menentukan jurusan studi yang diambil ya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading