Sukses

Lifestyle

Jangan Abaikan, 6 Pertanyaan Ini Tentukan Keberhasilan Wawancara Kerja!

Wawancara kerja pasti jadi hal menegangkan bagi setiap orang yang mengharapkan mendapat pekerjaan secepatnya. Ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan, termasuk memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan.

Jika kamu fresh graduate atau masih baru dalam hal melamar pekerjaan dan interview kerja jadi hal menegangkan bagimu, seperti dijelaskan dalam DuitPintar.com, ini sekian pertanyaan yang harus kamu perhatikan.

1. Bisa ceritakan tentang diri Anda?
Mungkin terdengar sepele, namun jangan main-main dengan pertanyaan ini. Pertanyaan ini bertujuan mencari tahu apakah kamu orang yang sudah mengenal diri sendiri atau belum. Tonjolkan apa kelebihan yang kamu miliki, jadikan jawaban dari pertanyaan ini sebagai ajang mempromosikan diri secara rendah hati. Jika pernah mengalami kegagalan atau terjatuh, ceritakan pula apa yang membuatmu bertahan dan bangkit.

2. Apa kelebihan dan kekuranganmu?
Akan ada momen di mana kamu harus menjawab hal ini. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengevaluasi kejujuran dan tingkat kepercayaan diri kamu. Seberapa objektif kamu menilai diri sendiri. Cara terbaik menjawab pertanyaan ini adalah dengan jujur, apa adanya dan tidak terkesan dibuat-buat. Kuncinya adalah mengubah karakter negatif menjadi positif.

3. Apa alasanmu melamar di perusahaan ini?
Sebelumnya kenali dulu perusahaan yang ingin kamu lamar. Jika pertanyaan ini datang padamu, kuncinya adalah utarakan dengan jujur, bijak dan bisa membuat Anda tampak produktif. Misalnya, "Impian saya menjadi leader editor, dan perusahaan ini adalah salah satu perusahaan besar yang saya yakini bisa membantu saya menggapai impian saya tersebut." Ingat jangan berlebihan, karena pewawancara biasanya akan mengetahuinya.

Pertanyaan penentu kamu diterima kerja atau tidak/copyright Shutterstock.com

4. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini, ungkapkan kualifikasi dan kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki. Katakan bagaimana etos kerjamu yang kuat, bagaimana kamu menangani pekerjaan di dalam tim maupun individu, dan bagaimana kamu punya minat besar untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan yang kamu lamar.

5. Berapa gaji yang diinginkan?
Hal ini menjadi bahan pertimbangan untuk para pewawancara. Sebelum mengatakan nilai gaji yang diinginkan, sebaiknya cari tahu dulu berapa estimasi gaji untuk pekerjaan tersebut. Buka situs-situs lowongan yang memberi info gaji-gaji di Indonesia sebagai referensi, seperti Qerja atau JobPlanet. Karena banyak perusahaan yang tidak menerima karyawan karena permintaan gaji terlalu besar.

6. Apa ada pertanyaan?
Jangan sia-siakan pertanyaan yang terkesan remeh ini, karena seringkali pewawancara memberikan poin penting untuk jawaban pertanyaan ini. Bertanyalah tentang job desk yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar, culture/cara kerja perusahaan, dan lainnya. Berikan kesan baik kepada mereka kalau kamu memang tertarik dengan pekerjaan tersebut dan menyimak wawancara.

Itu dia sekian pertanyaan yang biasa dilontarkan saat wawancara kerja yang kemungkinan besar menentukan apakah kamu akan diterima atau tidak. Jangan diabaikan ya.

Sumber : Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading