Sukses

Lifestyle

Stay Away! 7 Perilaku Negatif di Tempat Kerja yang Bakal Mengancam Karirmu

Di tempat kerja memang kita harus menjaga sikap. Kita bertemu dengan banyak sekali orang. Salah bersikap atau perbuatan taruhannya adalah reputasi dan posisi. Bisa-bisa perilaku negatif yang kamu lakukan mengancam kelancaran jenjang karir.

Nah Ladies, ada setidaknya tujuh perilaku negatif di tempat kerja yang bisa membawa pengaruh negatif bagi karirmu. Hindari sebisa mungkin agar pekerjaanmu berlangsung lancar ya.

1. Menusuk dari belakang
Baik sengaja atau tidak, menusuk kolega dari belakang sangatlah berbahaya untuk karir. Contohnya saja saat kamu berusaha menjawab sebuah pertanyaan yang sebenarnya diajukan ke kolega dalam suatu rapat, niatmu mungkin baik membantu memberikan jawaban. Nyatanya ini hanya akan menjatuhkan reputasi si rekan kerja sehingga dia merasa tertusuk dari belakang.

2. Bergosip
Bergosip itu mutlak tidak ada faedahnya. Lebih-lebih nyebar gosip di tempat kerja. Namanya gosip, tentu kebenarannya belum bisa dipastikan. Rajin bikin gosip di kantor bakal bikin kamu jadi public enemy. Kamu bakal kena masalah dengan kolega yang digosipkan dan dijauhi karena dianggap sebagai ember bocor.

3. Mencuri ide
Ini bakal bikin orang lain sebal. Mencuri ide rekan kerja, betapa pun kecilnya, akan membuatmu malu pada akhirnya. Kamu dianggap tak peduli pada orang lain, maka kamu bakal tidak dipedulikan.

4. Emosi dan lupa diri
Lepas kendali karena emosi akan membuatmu jadi orang yang negatif. Suka membentak atau mungkin menggebrak meja dan perilaku negatif lainnya harus dihilangkan di lingkungan kerja.

5. Benci kerjaan
Selama masih menerima gaji dari perusahaan, meski kamu tak suka dengan tugasmu tetap jalani pekerjaan itu sebaik-baiknya. Sering koar-koar benci kerjaan dan jadi bertindak sesuka hati malah bikin antipati. Apalagi kalau dilakukan di tempat kerja. Saat kerja tim kamu akan dianggap sebagai energi negatif yang bisa meruntuhkan moral tim.

6. Sombong
Dimana saja yang namanya sombong bakal membuat banyak orang gerah. Sekeren apa pun kinerjamu sebagai karyawan, kalau sering congkak, ya sama juga bohong. Menyelesaikan satu tugas, langsung teriak “selesai”. Dipuji bos, cerita ke sana-kemari. Ide diterima dalam rapat, langsung cengar-cengir merasa yang punya kantor. Jaga perasaan karyawan lain dan rendah hatilah. Kemampuan kerja mestinya diimbangi dengan kepiawaian menempatkan diri dan bersikap sederhana.

7. Suka bohong
Ini adalah ciri orang yang tak mau maju. Sering berbohong bakal bikin karirmu tak berkembang.

Sering melakukan sifat-sifat di atas hanya akan membuatmu terpuruk dan tak pernah maju dalam bidang karir.

Sumber: Liputan6.com.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading