Sukses

Lifestyle

Tips Memilih Perusahaan yang Tepat, Mulailah dengan 6 Pertanyaan Ini

Setiap orang pasti ingin bekerja di tempat yang tepat. Sebuah tempat atau perusahaan yang membuat nyaman, dengan atasan yang menyenangkan dan salary yang menjanjikan. Sayangnya, tidak semua orang bisa benar-benar merasa nyaman dalam menekuni pekerjaannya. Ketidakcocokan suasana kerja dan keahlian yang dimiliki sering jadi alasan kenapa seseorang merasa kurang nyaman dengan pekerjaannya.

Lantas bagaimana cara untuk mengetahui apakah perusahaan itu tepat untukmu hingga membuatmu nyaman? Manajer perekrutan bisa mengatakan semua hal yang benar selama wawancara, tapi kamu tidak pernah tahu bagaimana suasana perusahaan itu yang sesungguhnya. Dan akan sangat mengecewakan ketika apa yang kita harapkan dari perusahaan ternyata sama sekali tidak sesuai dengan harapan.

Well, untuk mengetahui apakah sebuah perusahaan tepat dengan kita atau tidak, mulailah dengan 6 pertanyaan ini.

1. Bagaimana Hari Kerja yang Ideal Buatmu?
Apakah itu melibatkan jam kerja yang fleksibel dan pilihan kerja jarak jauh? Mungkin bagimu hari kerja ideal adalah yang mencakup urusan dengan orang-orang baik dalam kapasitas penjualan atau layanan pelanggan. Atau buat yang suka di kantor dan di depan komputer, seberapa lama waktu yang kamu inginkan untuk bekerja? Ketahui sekaligus pastikan ini secara lebih spesifik.

Kerja di tempat nyaman adalah impian setiap orang/copyright thinkstockphotos.com

2. Mengenai Lingkungan Kerja yang Sempurna, Seperti Apa Itu?
Jelaskan hal yang kamu inginkan di lingkungan kerja yang sempurna, serta hal yang yang dapat disepakati. Mungkin kamu tidak bisa mentolerir bau asap rokok. Jika demikian, kantor dengan ruang merokok mungkin merupakan jalan keluar untukmu. Ketahui juga tempat kerja impianmu apakah itu tempat kerja dengan ruangan yang bersih, ruangan yang tenang dan rekan kerja yang ramah. Lingkungan kerja yang sesuai dengan karakter kamu akan membuatmu merasa lebih betah dan nyaman.

3. Apa yang Mendorong Kamu?
Apa motivasi utamamu saat pekerjaan menjadi perhatian? Gairah untuk industri? Atau mungkin kamu didorong oleh target penjualan dan margin keuntungan. Tidak apa-apa juga. Yang penting bagimu untuk mengetahui apa yang memotivasi, jika tidak, kamu tidak akan tahu apakah calon pimpinanmu mampu memotivasi kamu.

4. Gaya Kepemimpinan Seperti Apa yang Menginspirasimu?
Apakah kamu lebih memilih bos berwibawa yang menetapkan tujuan visioner dan mengilhami kreativitas dan sumber daya dari kamu untuk mencapai tujuan tersebut? Atau mungkin kamu merespons gaya kepemimpinan pelatih lebih baik yang berfokus pada pengembangan dan mengasah talenta dan keterampilan karyawan? Mengetahui gaya kepemimpinan yang seperti apa yang membuatmu nyaman, itu akan menuntunmu menemukan tempat kerja yang tepat.

5. Faktor Apa yang Membuatmu Makin Semangat Kerja?
Apa tiga faktor teratas yang biasanya mempengaruhimu dalam bekerja? Apakah gaji, tunjangan atau suasana lingkungan kerja? Bagi beberapa orang, gaji dan tunjangan menentukan keputusan mereka, sementara untuk orang lain adalah lingkungan kerja. Apakah keragaman tempat kerja sesuai pilihanmu? Penting untuk merenungkan faktor-faktor ini dan faktor penentu lainnya, karena hal itu menentukan prioritas kamu.

6. Anggota Tim Seperti apa Impianmu?
Pikirkan anggota tim terbaik yang pernah kamu miliki dalam kariermu sejauh ini. Seperti apa mereka? Hal apa yang kamu bagi bersama? Memiliki rekan kerja yang berpikiran sama berpengaruh besar pada produktivitas dan kepuasan kerja secara keseluruhan. Ketika kamu mengetahui tim kerja seperti apa yang kamu inginkan dan impikan, ini akan membuatmu makin mantap saat memutuskan untuk menerima pekerjaan atau bergabung dengan suatu perusahaan.

Inilah cara memilih perusahaan yang tepat dan mendapatkan bagian pada budaya kerja perusahaan. Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk wawasan lebih segar tentang tip pencarian pekerjaan dan tren ketenagakerjaan terbaru, ikuti halaman Facebook dari Jobstreet juga.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading