Sukses

Lifestyle

4 Kesalahan Fatal Sering Dilakukan Saat Membuat CV Lamaran Pekerjaan

Banyak orang yang mencari pekerjaan masih belum berpengalaman bagaimana caranya membuat CV atau lamaran kerja yang baik. Pada akhirnya, mereka banyak melakukan kesalahan, memasukkan poin-pon yang tidak begitu penting yang jadi sehingga memenuhi CV dan akhirnya membuat mereka tidak terpilih menjadi kandidat untuk direkrut.

Tapi apa saja sebenarnya kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat membuat CV? Simak ya.

1. Melakukan Typo
Ini adalah kesalahan umum yang sering dibuat banyak orang. Kamu bisa dinilai kurang teliti, ceroboh dan sembarangan karena mengirimkan CV dengan typo, kesalahan ejaan, kurang tanda petik dan lain sebagainya. Kamu bisa dianggap tidak kompeten menjalankan tugas yang diberikan atasan.

2. Terlalu umum
Terkadang orang asal saja meng-copy paste CV dan mencetak banyak untuk memasukkan lamaran ke berbagai instansi. Seringkali CV standar seperti ini tidak memberi kesan karena terlalu umum sehingga diabaikan. Buat CV kamu menarik dengan mengenali perusahaan dan membuat prediksi kemajuan apa jika mereka merekrut dirimu.

3. Menyesuaikan posisi yang kamu lamar
Pihak perusahaan akan lebih terkesan ketika kamu secara spesifik menentukan posisi yang ingin kamu lamar dan mengenali setiap perusahaan. Sesuaikan job description sesuai dengan latar belakang perusahaan. Bahkan jika kamu melamar posisi marketing, kamu harus menjelaskan apa yang bisa kamu lakukan dan menyebutkan nama perusahaannya.

4. Menyebut semua pekerjaan yang pernah kamu lakukan
Tidak perlu menyebutkan semua pekerjaan tersebut hanya karena kamu ingin CV kamu terlihat panjang dan tebal sehingga berkesan. Karena biasanya yang dipertimbangkan perusahaan adalah beberapa pekerjaan terakhir yang kamu jalani. Apalagi menjelaskan panjang lebar apa saja yang telah kamu lakukan.

Itu kesalahan fatal yang seringkali diabaikan atau tidak diketahui banyak orang saat membuat CV. Akan lebih baik jika kamu memperbaiki CV dari sekarang dan lebih teliti karena dari CV lah pihak perusahaan mengenalmu dan mempertimbangkanmu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading