Sukses

Lifestyle

Tips Sukses Memulai Usaha ala Medina Zein, Wajib Coba

Membuka usaha atau bisnis memang tepat bagi para wanita untuk membantu perekonomian. Selain tidak terikat dengan jam kerja, kamu pun bisa bebas memilih passion dan tentu lebih banyak waktu berkumpul bersama keluarga.

Menurut survey oleh Bentley University seperti yang dilansir dari Forbes, 67 persen anak muda mengungkapkan salah satu tujuan hidupnya yaitu membangun bisnis mereka sendiri. Sedangkan 37 persen responden mengatakan bahwa mereka ingin bekerja secara mandiri. Statistik menunjukan bahwa para milenials mempertimbangkan jam kerja yang fleksibel menjadi salah satu kunci meningkatkan produktivitas.

Sayangnya saat ingin memulai bisnis, tak jarang mereka kebingungan untuk mulai dari mana, apa yang harus dilakukan, apalagi persoalan modal. Tapi tenang, seorang wanita muda, Medina Susani D Zein telah memiliki tiga bisnis di usianya yang baru menginjak 25 tahun membagikan tips bagaimana cara memulai berbisnis.

Menurutnya, mulailah dari mimpi, kemudian jangan takut memulai suatu bisnis. Lalu perdalam dan tekuni bisnis apa yang kamu ambil. Dari situ kamu mulailah usaha untuk menjalankan bisnis yang telah dipilih dan terpenting harus baik kepada semua orang agar kita dapat dibantu bila ada kesulitan.

Adik ipar Ayu Azhari ini pun mengatakan, modal bukanlah faktor utama saat membuka suatu bisnis, namun yang terpenting kita harus mengerti bisnis apa yang kita jalani.

“Kalo kamu belum punya modal kamu bisa jadi reseller untuk mengawali bisnis. Dulu aku suka kosmetik, mau bisnis tapi belum punya modal. Akhirnya aku jadi reseller dulu, lalu pelajari dari berjualan tersebut. Dari reseller tersebut, aku kumpulin uang untuk buka usaha sendiri. Alhamdulilah sekarang bisnisku berjalan lancar. Jangan sampai punya modal, tapi kita ngga paham mau ngapain,” ujar CEO PT Medina Global Care, PT Medina Global Travelindo, dan PT global kosmetika, saat ditemui dalam acara Saliha Community Gathering, di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat, (7/1).

Medina menambahkan, ketika kita masih pemula dalam berbisnis. Menjadi reseller adalah pilih tepat karena dapat meminimalisir risiko. “Kalo kita tanpa modal memang paling pas jadi reseller dulu, jadi meminimalisir ngga risiko kerugian dan waktu juga bisa dihabiskan bersama keluarga. Reseller juga dapat memperluas jaringan, jadi pas kita punya usaha sendiri sudah punya konsumen,” tuturnya.

Menurutnya, peluang usaha wanita kini lebih mudah karena adanya sosial media seperti Instagram. Karena membuat promosi semakin mudah. Namun, menurut Medina strategi usaha pun harus selalu diperhatikan, karena mempertahankan lebih sulit dibanding memulai. Jadi jangan takut akan risiko, Medina mengatakan semakin ada permasalahan, semakin membuat tim kita solid.

Medina sendiri memulai karir berbisnis ya kewat klinik kecantikan yang diberi nama MD Clinic, dari situ ia merambah bisnis lainnya seperti tour and travel, kosmetik, butik, hingga kuliner yang ia jalankan bersama Artis cantik Laudya Cynthia Bella lewat brand Bandung Makuta.

Nah ladies, kegigihan seoarang Medina ini patut dicontoh agar kita menjalankan apapun sesuai dengan passion yang dimiliki. Jangan mudah menyerah dan tetap usaha.

(vem/asp/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading