Sukses

Lifestyle

Ternyata, Ini Pekerjaan yang Disukai Generasi Milenial Masa Kini

Tentu kini bukan hal yang asing lagi bagi kita mendengar kata generasi milenial. Sebab di Indonesia diperkirakan, sebanyak 81 juta penduduk adalah generasi milenial yang lahir di antara tahun 1980 sampai dengan tahun 2000.

Tahukah kamu, bukan hanya saja pergaulan saja yang berbeda. Namun, bagi kamu para milenial atau yang bekerja dengan para milenial, tren bekerja mereka juga amat berbeda dari generasi sebelumnya.

“Sangatlah penting untuk memahami kepribadian, cara pandang dan karakter mereka, agar kerjasama tim dapat berjalan dengan lancar,” ujar Chatrine Siswoyo selaku Consumer Communications Lead Uber. Lalu seperti apa karakter mereka dalam bekerja dan pekerjaan seperti apa yang sering mereka cari? Chatrine pun menjelaskan beberapa kriterianya:

Misi Perusahaan Sesuai dengan Nilai yang Mereka Junjung

Kesadaran lingkungan dan sosial mendorong kaum milenial untuk peduli terhadap sesama. Ini juga berlaku ketika mereka memilih perusahaan tempat mereka bekerja. Sebuah riset oleh American Express mengatakan bahwa kaum milenial menilai penting jika nilai-nilai perusahaan tempat mereka bekerja sesuai dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Ketika misi perusahaan sesuai dengan nilai-nilai kehidupan yang mereka junjung, maka kaum milenial akan lebih nyaman dan bangga untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Jadi Bos Bagi Diri Sendiri

Generasi milenial mempunyai jiwa wiraswasta dan kebebasan yang tinggi. Riset dari Bentley University mengatakan bahwa generasi milenial adalah generasi wiraswasta sesungguhnya. Karena itu, mereka selalu mencari perusahaan yang mempercayai mereka tidak hanya untuk bekerja, tetapi juga memberdayakan mereka untuk mengambil keputusan dan berperan lebih bagi perusahaan.

Bekerja dalam Bidang Kreatif

Kreativitas adalah salah satu atribut unggulan generasi milenial. Generasi ini adalah generasi yang kreatif dan penuh dengan ide. Sebuah penelitian dari Holmes Report menyatakan bahwa pekerjaan dalam bidang kreatif seperti desainer, blogger ataupun vlogger cocok bagi generasi milenial untuk mengeluarkan sisi kreatif yang mereka miliki.

Pekerjaan yang Memberi Tantangan

Generasi milenial adalah generasi yang dapat dikatakan mudah bosan, menurut seorang konsultan dan pelatih kepribadian dari Milenials Skills Coach, Amerika Serikat, Jared Buckley. Jika mereka terus menerus mengerjakan hal yang sama, mereka akan bosan dan tidak akan betah di tempat kerja mereka. Adalah hal yang baik jika tempat mereka bekerja secara rutin memberikan tugas-tugas baru yang menantang untuk mencegah karyawan milenial mereka dari kebosanan.

Waktu yang Fleksibel

Kaum milenial cenderung memilih pekerjaan yang tidak mengikat. Mereka lebih senang memiliki pekerjaan dengan jadwal yang fleksibel yang dapat mereka atur sendiri. Berdasarkan riset yang diadakan oleh  Bentley university , 77 persen milenial percaya bahwa dengan jam kerja yang lebih fleksibel, mereka akan lebih produktif dalam bekerja.

“Salah satu contoh pekerjaan yang menawarkan waktu fleksibel adalah perusahaan ridesharing seperti Uber. Menurut riset Alphabeta, lembaga riset bisnis dan ekonomi yang berbasis di Singapura, 61% mitra pengemudi Uber di Indonesia mengemudi kurang dari 10 jam per minggu,” tutupnya.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading