Sukses

Lifestyle

Tips Sukses Mengirim Surat Lamaran Melalui Email

Di Zaman yang sudah modern, mengirim surat lamaran via email menjadi hal yang umum. Beberapa perusahaan meminta mengirim berkas lamaran melalui email. Selain lebih praktis, cara ini biasanya memudahkan HRD untuk menyeleksi calon pegawainya. Sayangnya masih banyak yang salah kaprah dalam menulis surat lamaran yang dikirim melalui email.

Nah, berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan saat akan mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Gunakan Alamat Email yang Profesional

Saat mengirim lamaran pekerjaan selalu gunakan email yang profesional. Email profesional ini seringkali digunakan untuk mendaftar akun sosial dan dapat kamu akses dengan mudah. Usahakan membuat email dengan nama kamu yang sebenarnya. Menggunakan nama yang sebenarnya akan membantu menyakinkan HRD.

Gunakan Subject yang Benar

Mencantumkan subject dengan benar adalah tips sukses mengirim email/copyright pexels.com

Saat menuliskan email untuk lamaran pekerjaan jangan lupa untuk menuliskan subject pada email. Gunakan subject yang jelas dan ringkas. Di info lowongan pekerjaan biasanya menyertakan kode jabatan yang dibutuhkan. Usahakan untuk menulis sesuai dengan yang diminta pada info lowongan pekerjaan.

Jangan Lupa untuk Menulis Cover Letter di Body Email

Untuk mengirimkan surat lamaran melalui email, usahakan untuk menulis cover letter di body email. Jangan biarkan body email kosong tanpa pengantar apapun. Cover letter ini berfungsi sebagai jalan HRD untuk tertarik membuka CV yang kamu kirim.

Di cover letter usahakan berikan alasan mengapa kamu layak di-hire oleh HRD. Sst, setiap perusahaan dengan skala kecil pun sekali mendapat email lamaran pekerjaan 10-20 email. Tentu kamu bisa membayangkan berapa email yang didapat perusahaan dengan skala besar? Jadi biasakan untuk menulis cover letter sebaik mungkin.

Siapkan Berkas Lamaran dengan Data yang Tidak Besar

Hindari mengirim berkas lamaran dengan data yang besar. Besar data kurang dari 10Mb akan membuat surat lamaran kamu lebih dilirik. Siapkan portofolio sebaik mungkin. Siapkan data dengan format PDF agar dapat dibuka di berbagai device.

Dalam dunia kerja ada 3 hal yang penting kamu ketahui yaitu karya, attitude dan tepat waktu. Karya dapat dilihat dari portofolio yang kamu cantumkan dalam surat lamaran. Tepat waktu akan diketahui saat kamu bekerja. Dan yang terakhir attitude, dilihat dari bagaimana kamu mengirim surat lamaran.

Jadi masih yakin mengirim surat lamaran sesuka hati? Semoga informasi ini bermanfaat ya. Tetap semangat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading