Sukses

Lifestyle

Punya Resolusi Tahun Depan? Begini Cara Agar Tak Hanya Janji Belaka!

Mudah sekali jika ingin membuat resolusi untuk tahun baru, tapi yang selalu jadi masalah adalah, bisakah kamu menepati janji dan melaksanakan resolusi sesuai yang kamu rencanakan? Karena biasanya, resolusi hanya tinggal resolusi tanpa ada pelaksanaan.

Nah, tak mau seperti itu kan? Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa banyak orang yak bisa menepati janji resolusi mereka, dan mengapa mereka gagal melakukannya. Seperti dikutip dari Fox News, jawabannya adalah kesuksesan datang pada mereka yang memikirkan dan merencanakannya.
Begini caranya agar resolusi tak hanya sekedar jadi rencana dan janji belaka.

1. Waktu yang tepat
Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk menepati resolusi, karena kamu masih sangat termotivasi, punya semangat tinggi meraih tujuan. Dua hingga empat bulan di awal tahun adalah waktu paling ideal memulai resolusi jangka pendek, misalnya menyelesaikan novel, membersihkan dan menata ulang kamar, membuang baju-baju usang di lemari dan lainnya.

2. Memulai rencana yang realistis
Misalnya saja menurunkan berat badan, mulailah beli sayur dan buah di pasar, simpan di kulkas. Penuhi kulkas dengan makanan sehat saja. Tekankan pada diri sendiri untuk menghindari junk food selama seminggu, misalnya. Dan lakukan hal ini tiap minggu selanjutnya. Lakukan dengan perlahan dan tanpa membebani, dengan begini, kamu tidak merasa tertekan dengan resolusimu sendiri.

Agar resolusi berhasil di tahun depan/copyright Pexels.com

3. Pertimbangkan dua tujuan yang saling berkaitan
Terapkan peribahasa 'menyelam sambil minum air' pada resolusi yang kamu buat. Penelitian yang dilakukan Dr. John Norcross di University of Pennsylvania mengungkapkan bahwa punya dua rencana dengan tujuan yang saling berkaitan akan membuat orang lebih termotivasi menggapai apa yang sudah ia rencanakan dibandingkan hanya satu tujuan saja.

Misalnya saja diet sambil berhemat, kamu bisa memangkas pengeluaran makanan dengan memangkas uang jajan dan makan lebih sehat dan sedikit. Bukan hanya berat badan yang turun, tapi juga bisa menabung.

4. Buat pengumuman atau ceritakan pada teman
Dengan mengatakan apa saja resolusimu pada teman atau keluarga, kamu akan lebih terbebani dengan tanggung jawab untuk melaksanakannya, karena kamu akan malu jika tidak menjalankannya karena kamu sudah terlanjur mengatakannya pada banyak orang. Cara ini juga bisa membuatmu mendapat dukungan verbal sekaligus pengingat sehingga lebih bersemangat.

Cara agar bisa melaksanakan resolusi tahun depan/copyright Pexels.com

5. Jika gagal, coba lagi
Selaam tahun belum berganti, tidak masalah menghadapi kegagalan dan mencobanya lagi. Pada akhirnya jika kamu sudah berhasil mencapai kesuksesanmu, berikan reward yang layak untuk dirimu sendiri. Jika itu diet, maka buatlah foto before-after diet, tunjukkan perbedaan dan hasil usahamu. Kamu akan bangga ketika resolusimu punya hasil yang kamu harapkan.

Jadi, itu dia sekian cara agar resolusimu tahun 2018 bisa terlaksana dan tidak hanya sekedar jadi janji belaka, ladies!

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading