Sukses

Lifestyle

Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia Berikan Kontribusi Positif

Kini setiap perempuan memiliki hak yang setara dengan pria dalam mendapatkan pekerjaan yang sama. Maka tak heran jika kini berbagai profesi pria dijalani para wanita. Bahkan, kini para wanita pun turut berperan aktif dalam sebuah organisasi.

Inilah mengapa Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia menggelar Pendalaman Organisasi pada 12 hingga 13 Oktober lalu dan bertempat di Aston Bogor Hotel. Dengan tema "Membangun Soliditas Di Antara Pengurus" untuk Mencapai Tujuan Organisasi, kegiatan ini digelar sebagai langkah untuk meningkatkan pemahaman anggota dan pengurus mengenai konsep dasar organisasi PPLIPI.

Ketua Umum PPLIPI, Indah Suryadarma Ali mengatakan PPLIPI merupakan organisasi perempuan lintas profesi yang baru didirikan pada 17 April 2016 dengan sistem keanggotaan terbuka dan berskala Nasional. Oleh karena itulah, pendalaman organisasi dan pembentukan karakter perlu dilakukan untuk menyatukan semangat dan solidaritas di antara pengurus.

"Dengan terlaksananya agenda ini, para pengurus diharapkan dapat mengenal lebih dalam PPLIPI sehingga memunculkan rasa sense of belonging terhadap PPLIPI. Para pengurus juga diharapkan dapat saling memahami karakter dan bekerja sama menjalankan tugas masing-masing untuk membesarkan PPLIPI yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi terbaik bagi perempuan Indonesia," ungkapnya.

Dewi Rasyid Wakil Ketua Umum I-Bidang Organisasi PPLIPI mengatakan salah satu syarat agar roda organisasi berjalan baik, adalah terbentuknya persepsi yang sama di antara anggota, khususnya para pengurus, akan visi dan misi Organisasi, dari tingkat Pusat sampai tingkat Daerah.

Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapatkan pembekalan untuk mengenal lebih dalam PPLIPI yakni pemantapan pemahaman organisasi mulai dari Visi dan Misi, AD/ART, kode etik, Tupoksi PPLIPI dan lainnya.

Selain itu, peserta juga diberikan pembekalan berupa training Leadership. Dengan harapan setiap pengurus PPLIPI  dapat menyadari, bahwa dirinya dengan profesi yang dimilikinya, dengan pengalaman, pemikiran dan akses maupun posisi yang dimilikinya mampu menjadi trigger perubahan di lingkungannya.

Adapun di akhir kegiatan dilakukan aktivitas Outbond yang menitikberatkan pada pelatihan team building untuk meningkatkan keakraban, team work dan keanggotaan yang lebih solid.

"Hal penting dilakukan sebab dalam organisasi, yang merupakan sekumpulan individu-individu, kemampuan team work, baik yang tercipta dari keakraban dan kekukuhan setiap unsur, sangat diperlukan sehingga tujuan Organisasi dapat tercapai dengan baik dan optimal," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PPLIPI Maya Miranda Ambarsari mengatakan sejak didirikan tahun lalu, PPLIPI terus memberikan kontribusi positif bagi perempuan Indonesia. Perkembangannya pun terus berlanjut tidak hanya di pusat tetapi juga di daerah.

Saat ini, PPLIPI telah memiliki 5 DPW yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Jambi dan Jateng. DKI Jakarta sendiri sudah memiliki 4 DPC yaitu di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara.

Ada pula DPC Tanjung Pinang dan Batam di Kepulauan Riau, DPC Kota Tasikmalaya di Jabar, dan DPC Bima, NTB. Jabar juga sudah mempunyai PAC Cikarang Barat. Menyusul segera dilantik PAC Sukajadi. PAC Cimahi & PAC kecamatan Andir Bandung Jawa Barat

"Insya Allah pada Oktober ini akan dilantik pengurus DPW Sumatera Utara  dan pertengahan November  DPW Aceh. Untuk selanjutnya dalam waktu dekat DPW Jawa Timur," ujarnya.

Maya yakin bila PPLIPI solid dan kompak mulai dari tingkat DPP, DPW, DPC sampai PAC, PPLIPI dapat memperjuangkan aspirasi perempuan dari berbagai lintas profesi dan memberdayakan perempuan Indonesia untuk lebih berkualitas, mandiri, dan maju.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading