Sukses

Lifestyle

4 Hambatan Terbesar yang Membuat Fresh Graduate Susah Dapat Kerja

Baru lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana, hal berikutnya yang biasa dilakukan adalah mencari kerja. Zaman sekarang, mencari kerja bukanlah perkara mudah. Ada banyak sekali tantangan dan hambatannya, apalagi kalau masih fresh graduate.

Banyak fresh graduate yang sulit mendapat pekerjaan karena sejumlah hambatan dan tantangan. Mungkin kamu saat ini mengalaminya. Atau mungkin ada teman, anggota keluarga, atau kenalan yang masih berusaha jatuh bangun untuk mencari pekerjaan dengan status yang baru lulus kuliah. Kira-kira apa penyebab seorang fresh graduate susah dapat kerja? Yuk, coba kita bahas satu per satu di sini.

Saingannya Sangat Banyak
Persaingan di dunia kerja memang makin kompetitif. Untuk bisa diterima kerja, harus mengalahkan ribuan peserta lainnya. Bahkan untuk bisa lolos diterima di sebuah perusahaan, tahapan seleksinya bisa sangat panjang. Jika tidak memiliki kompetensi dan kemampuan yang istimewa, sulit rasanya untuk bisa mengalahkan ribuan saingan lainnya.

Semangat cari kerjanya, ya./Copyright likesuccess.com

Tidak Memiliki Jaringan
Nggak bisa dipungkiri kalau praktik "lolos dengan bantuan orang dalam" masih ada di dunia kerja. Seorang fresh graduate yang memiliki kompetensi tinggi bisa saja kalah oleh seseorang yang sudah terlebih dahulu memiliki kenalan atau jaringan. Tapi kamu nggak usah keburu pesimis, ladies. Tetap usahakan mencari pekerjaan dengan cara yang fair biar nanti rezeki yang didapat juga berkah, setuju?

Belum Memiliki Pengalaman Kerja
Saat wawancara biasanya akan ditanya soal pengalaman kerja yang pernah dilakukan. Kalau pernah magang atau kerja sampingan saat kuliah, itu bisa jadi nilai plus untukmu. Tapi kalau sama sekali nggak punya pengalaman kerja, kamu bisa langsung tergeser dengan kandidat lain yang lebih matang dengan pengalaman kerja yang lebih banyak.

Dunia kerja memang makin kompetitif./Copyright brainquotes.org

Kurang Persiapan dan Nggak Percaya Diri
Untuk melamar di sebuah perusahaan, biasanya kamu perlu menyiapkan banyak berkas dan dokumen. Di sini kamu harus sangat jeli dan teliti mempersiapkan semuanya. Yang tak kalah penting adalah rasa percaya diri. Jangan sampai kompetensimu tidak menonjol hanya karena kamu nggak percaya diri.

Tetap semangat ya cari kerjanya. Taklukkan semua hambatan dan tantangan yang ada untuk mendapat pekerjaan impianmu. Yakin deh, selama masih terus berusaha akan ada jalan terbaik untukmu. Good luck, ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading