KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KARIR

Sandal Cantik Esmee: Bisnis Dua Sahabat Karib Super Laris Manis

Senin, 21 Agustus 2017 13:30 Penulis: Anisha Saktian Putri
Dua sahabat memulai bisnis bersama menuai sukses/copyright: Vemale.com/Anisha Saktian Putri

Vemale.com - Ladies memang tak ada salahnya menjalankan bisnis bersama teman, karena ada banyak keuntungan yang didapatkan. Seperti halnya dua gadis cantik, Vonita Rizani dan Ryka Amalia yang mencoba peruntungan berbisnis sandal dengan nama Esmee.

"Awal mula kita memang sudah berteman dari jaman kuliah di Singapura. Aku sendiri mikir, sekolah jauh-jauh tapi pas sampai tanah air masa kerja sama orang lain, dari situ aku mulai berpikir untuk bisnis. Nah ketemulah sama Vonita," ujar Ryka saat ditemu di Jakarta.

Kebetulan mereka berdua mengambil jurusan sama yaitu marketing. Menurut Vonita, kini bisnis di kalangan anak muda memang sedang meningkat, inilah yang membuat Vonita dan Ryka tambah bersemangat menjual sandal-sandal yang memiliki motif up to date serta unik ini.

"Awal kuliah sudah aku pikirin mau berbisnis di usia muda. Apalagi sekarang bisnis yang dijalankan anak muda sedang meningkat. Dan ketemulah Ryka, yang memiliki visi misi sama. Lalu kita pilih sandal dengan batu-batuan mengkilap sebagai media bisnis. Karena kita lihat saingan sandal dengan model ini masih sedikit. Jadi kita semakin berani menjalankan usaha ini," ujar Vonita.

Desain sandalnya pun dirancang langsung oleh mereka berdua, mulai dari memilih bahan yang berkualitas, memilih tempat pembuatan sandalnya agar sesuai standart.

"Pertama kita rancang dulu model-modelnya yang tentu selalu mengikuti tren, setelah itu kita ke vendor untuk membuat sandal yang sudah kita desain," tambah Ryka.

Setelah semua selesai, baru mereka berdua lewat brandnya Esmee meluncurkan sandal dengan style yang up to date serta motif yang unik pada Mei 2017.

"Akhirnya Esmee pertama kali dikeluarin di instagram Mei 2017 dengan klasik style dan up to date model. Selalu lihat yang lagi up to date dan in, supaya orang bisa lirik brand kita. Kualitasnya hand craft semua, semua full dijahit," ungkap keduanya.

Tentu saat menjalankan bisnis, ada saja hal yang membuat mereka berselisih paham, entah soal desain, penjualan, hingga keuntungan. Namun mereka berdua memiliki strategi sendiri dalam mengelola financial dan menjaga dengan baik hubungan pertemanan mereka.

Strateginya seperti mereka memilih menurunkan ego masing-masing saat menjalankan bisnisnya. Keduanya juga mengaku memiliki keahlian masing-masing dalam mengembangkan bisnisnya. Seperti pemilihan warna misalnya lebih dipercayakan pada Ryka dan untuk model sendal lebih dipercayakan pada Vonita.

"Terkait finansial, kita untung dibagi dua, modal juga berdua. Yang sering berantem itu justru bukan financial tapi soal model," tutur mereka sambil tertawa.

Inilah yang membuat usaha mereka semakin meningkat, terbukti mereka berdua telah berhasil menjual seluruh koleksi sandalnya, mulai dari Vol 1 dan Vol 2. Kini mereka baru saja mengeluarkan koleksi terbaru di Vol 3. Bahkan, tak sedikit investor atau pemodal menawari mereka untuk bekerja sama. Namun, mereka lebih memilih merintis usahanya berdua saja. Kini sandal produknya pun telah dijual di seluruh Indonesia, serta luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Eropa.

Menurut mereka berdua, jika ingin memulai usaha jangan takut rugi, selalu mengikuti tren jangan fokus pada taste diri sendiri tapi lihat keinginan masyarakat. Jangan malas browsing tren terbaru, dan terpenting dengarkan masukan dari pembeli.

So Ladies, jangan takut untuk memulai bisnis. Jika kamu tekun, tentu rezeki akan mengikutimu.

(vem/asp/ivy)
KOMENTAR PEMBACA