Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Resign

Resign atau mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan harus diikuti dengan pertimbangan yang matang. Jangan sampai kita membuat keputusan impulsif yang nantinya malah membuat kita menyesal. Sekalipun rasanya kamu sudah tak tahan lagi dengan pekerjaanmu yang sekarang, tetap saja kamu harus berusaha untuk membuat pertimbangan yang matang.

Lalu apa saja sih hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum resign? Secara umum, ini dia empat hal penting yang harus kamu pikirkan dengan matang sebelum akhirnya benar-benar memutuskan untuk mengundurkan diri. Let's find out!

Cek Kondisi Finansialmu
Berhenti bekerja dan belum mendapat pekerjaan yang baru, maka berhenti juga sumber penghasilanmu. Cek dulu apakah nantinya kamu masih bisa menopang hidupmu setelah berhenti bekerja. Sudahkah kamu punya cara baru untuk memenuhi kebutuhanmu setelah resign? Atau malah jangan-jangan hidupmu jadi makin berantakan setelah berhenti bekerja? Soal finansial ini penting untuk dipikirkan, apalagi kalau kamu punya tanggungan untuk membantu kondisi keuangan keluarga.

Kesiapan Mental Menghadapi Perubahan
Bakal ada perubahan yang terjadi dalam hidupmu. Setelah resign, kegiatan dan rutinitasmu mungkin akan berubah. Cobalah untuk lebih realistis, jangan hanya karena kamu sudah terlalu emosi kamu memutuskan untuk resign tapi setelah itu kamu bingung harus melakukan apa untuk hidupmu. Di sini kamu sudah harus membuat rencana baru yang lebih matang.

Selalu buat pertimbangan sebelum resign./Copyright thinkstockphotos.com

Pikirkan Tujuan dan Target Hidupmu
Coba cek lagi, apa makna karier bagimu? Seberapa penting karier dalam hidupmu? Lalu bagaimana dengan tujuan dalam hidupmu? Dalam perjalanan karier sudah biasa terjadi perubahan dengan berbagai hambatan dan tantangannya. Pertimbangkan lagi apakah keputusanmu untuk resign saat ini bisa memberi dampak positif dalam perjalanan kariermu ke depannya. Kalau keputusan resign ini untuk mendapatkan hal yang lebih baik, maka kamu tinggal memantapkan hatimu saja.

Dukungan dari Orang-Orang Terdekat
Semakin dewasa, seharusnya kita sudah tahu cara untuk bisa bersikap lebih bijak. Tak bisa kita egois hanya memikirkan diri sendiri. Ada orang-orang di sekeliling kita yang membutuhkan kita. Ada orang yang juga membutuhkan bantuan kita. Kalau kamu berhenti dari pekerjaan yang sekarang, kira-kira apa yang akan terjadi pada keluargamu dan orang-orang terdekatmu. Kalau orang-orang terdekatmu malah merasa sedih atau hidupnya makin susah karena kamu resign, sebaiknya pikirkan ulang keputusanmu. Ada baiknya kamu membicarakan dulu rencanamu untuk resign ke orang tuamu dan orang yang paling dekat denganmu sebelum mengambil keputusan.

Pada akhirnya, semua akan kembali pada kemantapan hatimu. Kamu yang paling tahu dan paham dengan situasimu saat ini. Dan semoga setiap keputusan dan langkah baru yang kamu ambil bisa memberikan lebih banyak hal positif dalam hidupmu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading