Sukses

Lifestyle

Tiga Komponen Menua dengan Sukses, Siapkan Sejak Dini

Ladies, tentu di masa tua kita ingin tetap sehat, aktif, dan produk. Oleh karenanya, selagi masih muda kita harus selalu menjaga kesehatan, untuk tabungan di hari tua.

Dengan cara menerapkan pola hidup sehat, sedari masih muda. Agar kelak menua dengan sukses tanpa menghabiskan waktu bergelut dengan penyakit.

Ketua Umum PERGEMI (Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia), Siti Setiati mengungkap definisi menua yang sukses, yang berdasarkan dengan tiga komponen.

"Yang pertama adalah bebas dari penyakit atau kecacatan, selanjutnya adalah kemampuan fisik dan berpikir yang masih prima. Tidak sering lupa sampai bertanya berulang-ulang, makan berulang-ulang atau mulai meracau, biasanya karena demensia," ungkapnya saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta

Menua dengan sukses juga bisa ditandai dengan partisipasi sosial dan produktivitas yang tinggi. Produktif, bukan berarti masih bisa menghasilkan uang, melainkan melakukan berbagai hal yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Keluarga dan negara pun seharusnya berperan aktif dalam mendukung mereka selalu mendapatkan manfaat kesehatan, partisipasi, dan keamanan.

"Misalnya dengan membuat komunitas lansia agar mereka bisa terus sosialisasi. Di negara-negara maju, seperti Korea atau Singapura, lansia masih bekerja di bandara, mereka diajarkan memakai komputer yang disebut digital aging," tutupnya.

Well, kalau menurutmu hal apa yang kamu lakukan agar menua dengan sukses? Yuk, share di kolom komentar.

(vem/asp/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading