Sukses

Lifestyle

Puasa Meningkatkan Produktivitas Kerja, Ini Alasannya

Puasa bikin lapar dan haus? Ya, itu memang hal yang normal dirasakan. Tapi itu bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan. Malah produktivitas kerja bisa makin meningkat lho saat kita puasa.

Selain memberi banyak manfaat sehat, puasa juga bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja kita. Di tengah usaha menahan haus dan lapar, ternyata puasa sangat membantu kita untuk bekerja dengan lebih fokus. Yuk, sekarang kita bahas satu per satu bagaimana puasa bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Lebih Disiplin Mengatur Waktu
Selama bulan puasa ada perubahan pola makan dan kebiasaan. Di sini, kita jadi lebih disiplin dalam mengatur waktu. Saat bekerja pun, kita akan lebih mudah memaksimalkan setiap detik waktu karena perubahan tersebut.

Nggak Ada Waktu Ngemil, Bikin Kerja Lebih Fokus
Kamu terbiasa ngemil saat bekerja di depan komputer? Meski jarang disadari, kebiasaan ini justru bisa memperlambat kerjamu. Selama puasa, nggak ada yang namanya ngemil atau ngopi seharian. Di sini, kamu jadi lebih fokus kerjanya.

Tingkat Stres Menurun
Jadi ketika kita sedang berpuasa, tubuh akan memproduksi hormon neurotropik lebih banyak. Apa yang terjadi kemudian? Yang terjadi adalah sel-sel otak akan lebih banyak diproduksi sehingga kinerja otak semakin baik. Selain itu, saat puasa juga terjadi penurunan kadar hormon kortisol yang membuat stres berkurang. Bekerja pun jadi lebih gampang fokus.

Terhindari dari Kebiasaan yang Buang-Buang Waktu
Selama puasa, kita jadi lebih aware dengan setiap tindakan yang kita lakukan. Dalam kondisi puasa, otak akan mengondisikan kita untuk melakukan hal-hal yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Seperti mengendalikan diri untuk tidak lagi bergosip saat jam kerja, sehingga waktu yang ada jadi kembali terarahkan untuk hal-hal yang lebih produktif.

Lebih Mudah Mengendalikan Diri
Karena kita tahu kalau energi kita mungkin terbatas saat puasa, jadi secara tidak langsung kita juga bakal memilah-milah kegiatan apa yang perlu dilakukan dan mana yang sebaiknya tak dikerjakan. Di sini, kita juga "dipaksa" untuk mengendalikan diri. Saat bekerja pun, kita akan fokus membagi prioritas. Hal-hal yang kurang penting akan dikesampingkan demi kerja lebih produktif lagi.

Nah, jadi memang puasa bisa memberi manfaat positif yang banyak sekali ya. Kerja pun bisa jauh lebih produktif selama bulan puasa bila dikerjakan dengan benar. Semangat puasanya, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading