/karir/103534-sispai-rela-terlilit-utang-demi-eksis-keliling-dunia.html

Sispai, Rela Terlilit Utang demi Eksis Keliling Dunia

Kamis, 13 April 2017 16:14

Oleh: Zika Zakiya

Fransisca Paisal/Facebook dan Twitter.com.

Vemale.com - Ladies, di awal April 2017 ini santer terdengar nama Fransisca Paisal. Perempuan ini bukan sosialita, bukan pula selebriti ternama. Identitasnya menjadi bulan-bulanan netizen setelah diketahui berutang pada banyak pihak namun tak jua dibayar.

Sispai, demikian nama panggilannya, diketahui menggunakan uang itu untuk traveling keliling dunia. Perempuan berambut panjang ini sudah melancong ke Korea Selatan bahkan Eropa.

Fransisca Paisal/Facebook.comFransisca Paisal/Facebook.com

Fransisca Paisal/InstagramFransisca Paisal/Instagram

Kesal dengan gaya Sispai, para pemberi utang akhirnya menyergap Sispai ketika baru saja mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Jawa Barat, Minggu (9/4) lalu. Mereka langsung memintanya membayar utang dan disiarkan secara langsung melalui live tweet bertagar #bacotsispai.

Fransisca Paisal/TwitterFransisca Paisal/Twitter

Diceritakan akun @mitamsupardi, ia awalnya mengatakan ke publik tentang kerugian yang ia alami pada Sispai. Tak nyana, ternyata banyak pihak mengalami pengutangan serupa.

Jika ditotal, Fransisca Paisal (Sispai) membawa kabur uang korban-korban sampai Rp156 juta. Ia akhirnya mengakui kesalahan dan berjanji akan membayarnya melalui kultwit berikut:

Twitter Sispai/TwitterTwitter Sispai/Twitter

"Benar memang saya meminjam uang kepada teman-teman untuk beberapa keperluan. Cara saya salah dan tidak sesuai janji pengembalian," tulis Sispai dalam kultwit pertamanya.

Fransisca Paisal/TwitterFransisca Paisal/Twitter

"Saya akan segera membayar perihal pinjaman tersebut kepada semuanya yang merasa dirugikan akibat pinjaman tersebut," bunyi salah satu kultwitnya.

Dilansir dari Thebalance.com, traveling adalah satu dari lima hal yang tidak layak berutang. Selain traveling, empat hal lainnya adalah baju/tas desainer, melunasi utang lain, hadiah/kado, furnitur. "Tidak satu pun hal ini yang bernilai dalam harga. Malahan kesemuanya akan turun nilainya ketika sudah Anda gunakan," ujar penasihat finansial asal AS, LaToya Irby.

(Baca: Sebelum Pamer Foto Liburan di Medsos, Please Lunasi Dulu Utangmu)

Traveling memang menyenangkan. Tapi ketika kamu harus terjerat utang untuk bisa mewujudkannya, itu adalah pertanda traveling kamu tidak lagi semenyenangkan itu. Lihat dulu kondisi keuangan dan tak usah memakskan diri. Akan ada saatnya kok rezeki kamu datang untuk mengunjungi lokasi pelancongan.

(vem/zzu)


Rekomendasi Pilihan

Kinoy galau gaes... - KapanLagi #LUPAINMANTAN

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aries

Meskipun merasa tidak adil cobalah untuk bertahan.