Sukses

Lifestyle

Menghadapi Teman yang Sok Bossy, Harus Bagaimana?

Pernah mendapatkan rekan kerja yang Bossy? Bukan Atasan, level jabatan juga sama tapi sikapnya seakan dia adalah si Bos. Kesal? Tentu saja apalahi ia seenaknya melimpahkan tugas dan membuatmu mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab kamu. Duh, rasanya nyesek dan bikin BT. Selain itu suasana kerja pun menjadi kurang menyenangkan.

Lalu apa yang harus kamu lakukan saat mendapati rekan kerja yang demikian? Mulailah dengan mengevaluasi pekerjaan kamu. Apa peran dan area kerja kamu. Mengetahui lebih jelas tugas kamu akan membuatmu terhindar dari kendali rekan kerja yang Bossy. Tidak ada salahnya jika kamu mengecek bagaimana strata posisi karier kamu dan dia di perusahaan.

Tulis apa saja yang menjadi tanggung jawab kamu. Jika perlu beritahu dia, sehingga dia mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibanmu. Kemukakan pendapatmu, saat ia mulai bertingkah jangan takut untuk bertindak. Hal ini akan membuatmu jauh dihargai.

Tunjukkan isi hati dan sampaikan pemikiran kamu. Sampaikan jika kamu keberatan dengan sikap Bossynya. Sampaikan hal yang membuat kamu merasa tidak nyaman dan dampak dari sikap Bossynya. Sikap jujurmu akan berdampak positif untuk mengubah sikapnya.

Saat dia bersikap Bossy, colek dan katakan bahwa kalian setara. Katakan posisi kamu dan dia di kantor, sebelum memutuskan menerima limpahan dan tambahan pekerjaan darinya. Kamu bisa saja mengatakan dapat membantunya jika dia merasa keberatan. Namun untuk mengerjakan limpahan tugas darinya? Hmm, tunggu dulu.

Terbuka dan berani untuk mengungkapkan masalahmu akan membuat segalanya jauh lebih baik. Jadi bagaimana menurutmu? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading