Sukses

Lifestyle

Biar Percaya Diri Saat Wawancara Kerja, Caranya Ternyata Simpel

Wah, dapat panggilan wawancara kerja. Aduh, perasaan jadi campur aduk. Senang karena sudah satu langkah menuju pekerjaan impian. Tapi juga deg-degan menghadapi wawancara kerja.

Salah satu kunci penting agar wawancara kerja berjalan lancar adalah percaya diri. Dan cara agar bisa percaya diri ternyata nggak begitu susah kok. Berikut tips-tips simpel yang bisa kamu ikuti biar makin percaya diri saat wawancara kerja.

Pastikan Kamu Sudah Mengenal Perusahaan Tempatmu Melamar
Jangan sampai kamu malah nggak tahu apa-apa tentang perusahaan tempat kamu melamar. Jadi pelajari terlebih dahulu profil, visi, misi, produk yang dihasilkan, serta budaya kerjanya. Pelajari pula deskripsi pekerjaan dari posisi yang dilamar dan pikirkan mengapa kamu layak untuk mendapatkan posisi tersebut. Jangan lupa untuk menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja.

Baca dan pelajari lagi isi CV atau curriculum vitae yang kamu kirim untuk perusahaan. Pikirkan lagi kira-kira pertanyaan apa yang sekiranya akan muncul dari deskripsi di CV-mu. Hal ini bertujuan supaya kamu siap menghadapi jawaban tentang latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja apa saja yang sudah kamu miliki.


Latihan di Depan Cermin
Ini juga penting. Latihan dan latihan. Coba latih dirimu berbicara di depan cermin seolah-olah kamu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara. Perhatikan gerak bibir, ekspresi, dan intonasi bicaramu. Latihlah pernapasanmu dengan baik juga. Dengan begini, kamu nggak akan terlalu kaku saat wawancara yang sebenarnya.

Istirahat yang Cukup
Hindari begadang di malam hari sebelum wawancara kerja agar di pagi hari wajahmu tampak segar dan tidak mengantuk saat wawancara berlangsung. Siapkan pakaian yang akan dikenakan untuk wawancara sehari sebelumnya agar terhindar dari kepanikan di hari H.

Dengan istirahat cukup, kamu juga bisa lebih siap keesokan harinya biar tidak datang terlambat. Datang terlambat dengan alasan apapun akan mengurangi nilai dan kesanmu di mata pewawancara kerja. Jadi, hitung dengan tepat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat wawancara termasuk risiko macet.


Duduk Tegap Tapi Tetap Rileks
Saat berhadapan dengan pewawancara, pastikan kamu duduk dengan tegap dan pandangan mata memandang mata pihak perusahaan yang mewawancaraimu. Tapi jangan terlalu kaku, berusahalah untuk tetap rileks. Hindari melakukan bahasa tubuh yang dapat menimbulkan kesan buruk seperti menguap, duduk tidak tegap, atau bersikap malas-malasan.

Deg-degan dan cemas saat akan wawancara kerja merupakan hal yang normal. Tetap kuasai dirimu dan atur napas teratur saat sedang diwawancarai. Good luck, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading