Sukses

Lifestyle

Kesalahan Umum Tapi Fatal yang Sering Terjadi Saat Job Interview

Siapa yang nggak nervous saat menghadapi wawancara kerja? bohong banget jika kamu merasa santai saja, apalagi jika wawancara kerja ini baru sekali dua kali kamu lakukan seumur hidupmu.

Setiap wawancara kerja punya tantangannya sendiri, tapi kesalahan yang dilakukan setiap pelamar kerja biasanya universal. Seperti kesalahan-kesalahan berikut ini yang terkesan sepele, umum namun fatal.

    Kurang persiapan

    Wajar jika nervous, tapi keterlaluan jika kamu datang tanpa persiapan apa-apa. Sekalipun lelah dan sibuknya kamu, jika kamu berniat mendapatkan pekerjaan tersebut, maka sudah kewajiban untuk datang dengan persiapan, mengetahui latar belakang perusahaan dan posisi yang kamu apply.

    Berbohong

    Tujuan kamu mungkin agar terlihat lebih baik dari kondisimu sebenarnya. Tapi mereka tak bodoh. Kamu akan ditanya banyak hal tentang CV yang kamu cantumkan dan memastikan bahwa kamu memang benar berkualitas.

    Arogan

    Sikap ini tak pernah pantas, apalagi di hadapan para penguji wawancara. Belajarlah mengendalikan kesombongan, tidak perlu pamer. Bersikaplah humble, sederhana namun meyakinkan.

    Berpakaian tidak semestinya

    Kamu mungkin pakai blus, celana hitam, dan heels yang rapi, tapi kamu juga pakai make up tebal lengkap dengan aksesoris menggantung di leher, telinga dan tangan yang jelas sangat mengganggu dan berlebihan. Kamu akan segera dicoret dari daftar calon karyawan.

    Kurang eye contact

    Penting sekali menjaga eye contact dengan pewawancara karena kamu akan terlihat lebih meyakinkan, sopan dan siap. Kandidat yang suka menghindari kontak mata dan suka mengalihkan pandangan mata dirasa tidak potensial dijadikan karyawan.

Itu dia lima kesalahan yang umum namun fatal jika kamu lakukan saat wawancara kerja. Jangan sampai hal ini terjadi padamu ya ladies. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading