Sukses

Lifestyle

Mari Cegah Pelecehan Seksual Pada Anak dengan Cara Berikut (II)

Ladies sekalian, pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai salah satu cara yang terbaik untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual pada buah hati. Yakni dengan mengajaknya berkomunikasi dan berdiskusi tentang apa saja yang ia alami seharian, bagaimana harinya, dan lain sebagainya.

Setelah itu, berikan penjelasan kepadanya mengenai apa yang dimaksud dengan pelecehan seksual saat buah hati telah memasuki usia yang tepat untuk diberitahu mengenai hal tersebut. Untuk menjelaskan masalah yang sensitif ini, webmd.com telah memberikan tipsnya untuk Bunda sekalian.

Gunakan istilah sentuhan baik, sentuhan buruk, serta sentuhan rahasia untuk memberikan penjelasan mengenai pelecehan seksual. Katakan pada si kecil bahwa sentuhan baik berupa pelukan, tepukan di bahu, ciuman di pipi, atau seperti yang biasa Anda berikan padanya.

Lalu, beritahu ia juga bahwa ada sentuhan yang buruk seperti pukulan, tamparan, dan berbagai macam sentuhan buruk lainnya. Kemudian, masih ada lagi sentuhan rahasia yakni ketika ada seseorang yang ingin menyentuhnya tetapi meminta ia untuk menjaganya sebagai rahasia dan tidak boleh mengatakan kepada siapapun.

Katakan pada si kecil untuk berkata tidak dan menolak apabila ada seseorang yang memberinya sentuhan rahasia. Untuk menjelaskan area dari sentuhan rahasia, analogikan dengan saat mandi. Ketika mandi, area mana sajakah yang membuatnya malu saat dan ingin menutupinya saat tiba-tiba ada orang yang melihatnya mandi.

Masih ada langkah selanjutnya pada artikel berikutnya.

Oleh: Lies Nureni

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading