Sukses

Lifestyle

Magical Maestro

Berambut panjang, penuh karakter, dan tampil bak seniman. Setidaknya itulah yang Cosmo rasakan saat bertemu dengan sosok John Nollet di Hotel Martinez ketika menghadiri festival film terbesar di Cannes, Prancis. Untuk acara besar tersebut ia bertanggung jawab pada tampilan rambut seluruh ambassador L’Oreal Paris yang berjalan di karpet merah, termasuk Dian Sastrowardoyo yang tahun ini mewakili Indonesia.

The Beginning

Perbincangan bersahabat yang mengalir deras seolah membawa Nollet membuka kembali lembaran cerita saat dirinya terjun di dunia tata rambut. Meski semula tak yakin dengan profesi ini, kenyataannya di usia 12 tahun ia memberanikan diri untuk menghabiskan liburan dengan bekerja paruh waktu di sebuah salon di Prancis Utara. Hal ini terus berlangsung hingga akhirnya di usia 14 tahun ia sudah bekerja tetap sebagai hairstylist sembari bersekolah. 

Sangat muda memang. Saat teman seusianya masih memiliki angan-angan yang belum pasti, Nollet sudah membuktikan masa mudanya di dunia ini. “Entah mengapa, tapi saya suka sekali dengan aroma salon, terutama harum Elnette,” ujarnya sambil tersenyum. Asal tahu saja, Elnette adalah hair spray legendaris keluaran L’Oreal yang amat ternama. Tak heran, di usia 18 tahun, sentuhan tangannya pun kian matang berkat pembelajaran teknik, selera, dan kemampuan interpersonalnya untuk berhubungan baik dengan pelanggan.

Dari berbagai kemauan dan kerja kerasnya inilah, kini ia memiliki dua buah Hair Room Service, satu di Park Hyatt Paris Vendome dan satunya lagi di L’hotel Cheval Blanc. Masing-masing terdiri dari dua kabin. Ia sendiri enggan menyebutnya sebagai salon, karena memang konsep yang diinginkannya bukanlah seperti itu. “Saya ingin klien bisa mendapatkan perhatian dan berinteraksi secara langsung. Menangani setiap orang yang datang untuk tampil cantik dalam 20 menit adalah suatu hal yang mustahil untuk memperoleh hasil sempurna,” ungkap Nollet dengan logat Prancis yang kian lama kian kental terasa. Mungkin untuk itulah seminggu sekali ia hanya bisa menerima tiga klien untuk pewarnaan rambut. Sedangkan saat ditanya tentang impian selanjutnya, ia ingin lagi membuka Hair Room Service berukuran mungil di luar Paris serta membuat sekolah master class tata rambut agar semakin banyak insan di luar sana bisa menikmati kreativitas briliannya.

Signature Crops and the Clients

Kariernya di dunia film berawal ketika ia bekerja menjadi hairstylist pendukung dalam film The Return of Casanova yang dibintangi oleh Alain Delon. Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 1992. “Saat indah itu adalah terobosan terbesar saya untuk masuk ke dunia film,” ujarnya senang. Well, sepertinya sejak saat itu bintang keberuntungan tak jauh menyinarinya. Nollet dipercaya menangani beberapa bintang dalam film besar, semisal Johnny Deep di Pirates of Caribbean dan Audrey Tautou di Amelie. Ya, gaya rambut gamine pageboy alias rambut bob berponi pendek yang ditampilkan Audrey dalam film tersebut adalah ide briliannya. Padahal asal tahu saja, sang direktur film, Jean-Pierre Jeunet, tadinya meminta Nollet membuat kuncir kuda. “Saya merasa kurang pas dengan karakter yang akan dimainkan. Untuk itulah saya memberi ide menggunting rambut Audrey dan ia amat menyukainya!” imbuhnya tergelak.

Berbicara tentang klien favorit, rupanya lelaki yang juga memiliki koleksi houte couture hair accessories ini menamakan kedua wanita kesayangannya sebagai angel. Mereka adalah Monica Bellucci dan Vanessa Paradis, klien yang selama tujuh belas tahun ia kenal dan menjadi teman terdekat hingga memiliki tempat khusus di hati Nollet. Di tengah kepadatan jadwal bersama klien papan atas, jadwal shooting dan sebagainya, ternyata ia juga masih bisa menyempatkan diri bergaul dengan kalangan sosialita semisal Karl Lagerfeld. “Saya sungguh menikmati kedekatan serta kebersamaan dengannya karena ia bisa memberi aura positif pada orang-orang di sekitarnya,” ujarnya menutup pembicaraan. [initial]

Source: Cosmopolitan, edisi September 2012

(Cosmo/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading