Sukses

Lifestyle

Di Dubai, Ada Tradisi Unik ''Berbagi Kulkas'' Di Selama Ramadan

Jika di Indonesia ada tradisi bagi-bagi takjil atau nasi kotak gratis di pinggir jalan selama Ramadan, berbeda dengan tradisi orang-orang di Dubai. Selama Ramadan, banyak orang sengaja menaruh kulkas mereka di depan rumah.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar setiap orang yang membutuhkan dan dalam keadaan berpuasa bisa mengambil makanan atau minuman secara gratis saat waktunya berbuka. Kebiasaan ini sebenarnya sudah dimulai sejak lama, namun hanya dilakukan satu atau dua orang saja atas kemauan pribadi.

Kulkas yang sudah diisi makanan dan minuman/ copyright by whatson.ae

Namun tahun ini beberapa orang membuat sebuah grup di Facebook dengan laman bernama Ramadan/Sharing Fridges in the UAE untuk mengumpulkan serta memberi tahu orang-orang bahwa ada "sharing fridge" atau "berbagi kulkas" di beberapa tempat di Dubai. Hanya dalam beberapa hari saja, followernya sudah mencapai 8 ribu lebih.

Dulu, kulkas ditaruh di luar rumah/copyright by whatson.ae

Konsep berbagi kulkas ini diadaptasi dari tradisi berbagi makanan dan minuman yang memang sudah dilakukan sejak lama di negara Uni Emirat Arab saat Ramadan. Hanya saja kini tradisi itu diperbarui dengan cara yang berbeda dengan tujuan yang sama.

Idenya cukup sederhana. Kulkas ditaruh di beberapa lokasi, lokasi tersebut di-share di sosmed, dan orang-orang bisa menyumbangkan makanan maupun minuman ke dalam kulkas tersebut, dan orang-orang yang membutuhkan bisa mengambilnya sendiri secara gratis.

Lokasi "berbagi kulkas" di berbagai tempat di Dubai/ copyright by whatson.ae

Izin menaruh kulkas ini juga sudah dibicarakan dengan pihak setempat, jadi tak perlu khawatir kulkas akan diseret atau diboikot. Cara ini memang sangat membantu para muslim yang berpuasa dan membutuhkan, apalagi Dubai saat ini masuk musim panas. Jadi untuk muslim yang berpuasa bisa mengambil secara gratis makanan atau minuman di dalam kulkas tersebut saat menjelang buka puasa sesukanya.

Selalu ada jalan untuk berbuat dan berbagi kebaikan untuk sesama, termasuk cara unik para penduduk Dubai ini. Wah, semoga bulan Ramadan bisa memberi banyak berkah untuk semua orang ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading