Sukses

Lifestyle

Tapi Itu Terlalu Tinggi...

Vemale.com - Oleh:Agatha Yunita

Melihat para pemain basket NBA itu, seperti melihat tiang-tiang yang sedang berlarian mengejar bola dan mencetak skor. Tetapi, pernahkah Anda menyadari bahwa tak semua pemain basket NBA itu tingginya lebih dari 180 cm?

Adalah Tyrone Curtis 'Muggsy' Bogues, mantan pemain basket profesional yang sempat bermain di NBA dan dikenal sebagai pemain terpendek sepanjang sejarah. Tingginya hanya 160 cm saja. Bisa dibilang sebagai pria ia tergolong pendek. Namun, dalam kariernya ia pernah mencetak sebanyak 6.858 poin, 6.727 assists, dan 1.369 steals, sebuah catatan yang mengagumkan untuk pria sependek Curtis.

Apalagi bila dibandingkan dengan ring basket yang tingginya 305 cm itu, rasanya tak mungkin apabila ia dapat mencetak skor hingga ribuan kan?

Seorang anak pernah bertanya kepada ayahnya, "ayah, bila ring basket dibuat setinggi itu, bagaimana kita bisa mencetak skor dan memasukkan bola? Bukankah itu tinggi sekali, ayah?"

Dan ayahnyapun hanya tersenyum, mengajaknya pergi ke lapangan basket dan melihat pertandingan seru yang tengah berlangsung. "Kamu lihat, di antara semua pemain basket itu, adakah yang tingginya sama dengan ring?" tanya sang ayah. Si anakpun hanya menggeleng. Pikirnya, "iya juga ya, tak ada yang setinggi tiang itu, tapi kenapa mereka bisa memasukkan bola itu dengan tepat?"

Terdorong oleh rasa penasarannya, si anak mengajak ayahnya turun ke lapangan seusai pertandingan. Diamatinya tiang itu baik-baik. Kemudian pandangannya beralih pada sepatu sang pemain basket. Tak ada apa-apa di balik sepatu tersebut, tak ada jet turbo, tak ada peer, atau apapun yang membuat si pemain bisa melompat ke atas setinggi itu sampai dapat memasukkan bola. Dan tiang yang dilihatnya dari luar lapangan, memang nyata tingginya, bukan hanya fatamorgana. Tetapi mengapa? apakah tiang itu tidak terlalu tinggi?

Sang ayah kemudian menjelaskan dengan sangat detail, mengapa para pemain basket itu bisa memasukkan bola ke dalam ring. Rahasianya ada di dalam lompatan dan kekuatan tangan para pemain, dengan gerakan yang tepat, maka shoot!bola pun masuk ke dalam ring.

Curtis, pria kelahiran Baltimore ini pernah diragukan, apakah ia dapat berhasil mencetak skor dengan tinggi tubuhnya yang hanya 160 cm. Bisa dilihat, buktinya ia bisa.

Target yang ia bidik saat menembak bola memang jauh lebih tinggi dari tubuhnya, tetapi Curtis melompat penuh kepercayaan diri, dengan tambahan teknik tangannya, ribuan bola masuk tepat ke dalam ring dan menghasilkan angka-angka pembawa kemenangan teamnya.

Jadi, apakah 'tiang' itu masih terlihat terlalu tinggi untuk Anda? Terlalu tinggi untuk dicapai oleh Anda?

Terkadang memang kita berpikir bahwa target yang kita hadapi di dalam hidup ini terlalu tinggi, bahkan hampir mustahil untuk mencapainya. Tetapi, justru target memang dibuat tinggi agar kita dapat mencapainya. Setidaknya apabila memang tidak tepat tercapai sesuai angka yang dipasang, kita bisa mendekati angka tersebut. Itulah yang disebut dengan USAHA.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading