Sukses

Lifestyle

Empat Pedoman Dalam Hidup

Vemale.com- Menurut ajaran Lao-tzu, ada empat pedoman hidup yang apabila dijalankan, maka dunia akan penuh dengan kedamaian.

Pedoman pertama: penghormatan

Menurut Lao-tzu, seseorang harus bisa menghormati orang lain dalam segala aspek. Baik kepercayaan, perbedaan ras, perbedaan status sosial, dan lain sebagainya. Selain itu, ia juga harus bisa menghormati dan menghargai diri sendiri.

Banyak orang yang dapat menghargai orang lain, namun tak bisa menghargai diri sendiri. Alhasil, hidupnya tak pernah puas dan tak bahagia.

Pedoman kedua: rendah hati

Menjadi sosok yang rendah hati ternyata tidak mudah. Dibutuhkan niat dan kedisiplinan yang tinggi untuk selalu rendah hati.

Kerendahan hati ini menurut Lao-tzu mencakup kejujuran, kesederhanaan, kepercayaan yang membantu seseorang agar tetap berhubungan baik dengan manusia lainnya.

Pedoman ketiga: lemah lembut

Lao-tzu juga mengajarkan untuk menjadi manusia yang lemah lembut, baik tutur kata maupun perbuatan, agar orang lain dapat merasakan perhatian dan cinta kasih. Dengan demikian, satu sama lain dapat mengasihi dan menyayangi.

Dengan bersikap dan bertutur kata lemah lembut, tidak akan ada kesalahpahaman dan tersinggung.

Pedoman keempat: dukungan

Selain cinta kasih, masing-masing manusia membutuhkan dukungan satu sama lain. Dengan adanya dukungan, seseorang dapat lebih bersemangat dalam menghadapi hidup, tidak pesimis dan mudah putus asa, dan tidak merasa kesepian.

Keempat pedoman tersebut adalah peta sederhana yang apabila dijalani maka akan membawa kebahagiaan pada seluruh makhluk hidup.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading