/inspiring/lentera/102093-baby-bin-loket-harapan-untuk-menerima-bayi-malang-yang-dibuang.html

Baby Bin, 'Loket' Harapan untuk Menerima Bayi Malang yang Dibuang

Kamis, 23 Februari 2017 14:10

Oleh: Endah Wijayanti

Ilustrasi. | Foto: copyright pexels.com

Vemale.com - Ladies, miris pastinya hati dan perasaan kita bila melihat ada bayi yang dibuang oleh ibunya sendiri. Tak sampai hati rasanya membayangkan bagaimana si kecil bisa bertahan hidup tanpa asuhan apalagi belaian orang tua. Bagaimana pun anak yang lahir di dunia memiliki haknya untuk tetap hidup.

Di Afrika Selatan, ada sebuah yayasan bernama Door of Hope. Seperti namanya, yayasan ini dibuat untuk memberikan pintu harapan (door of hope). Di sebuah rumah tua yang berlokasi di pinggiran kota Berea, dekat dengan kota Johannesburg, ada semacam loket tak biasa yang dibuat salah satu dindingnya. Seperti yang dilansir oleh mb.ntd.tv,loket itu disebut baby bin. Apa fungsi dari baby bin tersebut?

Richard Allen, CEO Door of Hope menjelaskan baby bin ini dibuat menghadap ke jalan dengan penutup yang bisa dibuka dari luar. Jika ada ibu yang ingin memberikan bayinya ke Door of Hope, ia bisa langsung menaruhnya di loket tersebut. Nantinya, akan ada bel yang berbunyi dan petugas langsung menuju baby bin tersebut. Bayi yang berada di dalam baby bin akan langsung dibawa masuk. Sementara itu, pihak Door of Hope sendiri tak akan mencari tahu identitas sang ibu karena mereka memang ingin menghargai keputusan sang ibu tersebut.

Foto: copyright youtube.com/NTDTV

"Ada sensor di kameranya sehingga bila ada bayi di dalamnya maka sensor akan berbunyi, itu jadi alarm untuk seisi rumah. Jadi kami punya monitor kameranya sehingga kami akan tahu kalau ada bayi di dalam loket tersebut," papar Francinah Phago, manajer rumah di Berea tersebut. Bisa dibilang baby bin ini merupakan "loket harapan" untuk bayi-bayi malang agar bisa mendapat hidup yang lebih baik ke depannya.

Baby bin itu dibuat 17 tahun lalu oleh Cheryl Alle, seorang pendeta baptis Afrika Selatan. Niatnya adalah ia ingin memberi alternatif untuk para ibu yang tak menginginkan bayinya tanpa harus membuangnya di tempat yang berbahaya seperti di tempat sampah atau saluran pembuangan. Sejak saatu itu, Door of Hopesudah menerima sedikitnya 1.500 bayi malang yang tak diinginkan oleh orang tuanya.

Sebagian dari bayi tersebut diadopsi, kebanyakan oleh keluarga asing. Sementara sisanya akan diasuh dengan bantuan dari sistem kesejahteraan umum Afrika Selatan.

Foto: copyright youtube.com/NTDTV

Yayasan Door of Hope juga sering menerima bayi malang yang ditelantarkan dari pihak kepolisian. Terkadang mereka juga menerima bayi dari rumah sakit. Kasusnya biasanya ada ibu yang baru melahirkan tapi ia tak mau mengasuh atau membesarkannya karena satu dan lain alasan, ia pun akan meminta bantuan rumah sakit, dan rumah sakit kemudian yang akan menghubungi Door of Hope.

Foto: copyright youtube.com/NTDTV

Pihak National Adoption Coalition of South Africa (NACSA) menyebutkan bahwa tahun 2010, ada sekitar 3.500 bayi malang yang tak diinginkan atau ditelantarkan. Belum ada info terbaru apakah angka tersebut naik atau turun. Namun, NACSA meyakini jumlah bayi malang yang ditelantarkan di Afrika Selatan terus meningkat setiap tahunnya.

Foto: copyright youtube.com/NTDTV

Priscilla Ratsela, seorang petugas berusia 33 tahun di Door of Hopemengaku dirinya menangis haru saat pertama kali melihat seorang bayi dimasukkan di dalam baby bin. "Saat aku pertama kali datang ke sini dan kira-kira seminggu kemudian ada bayi yang dimasukkan dalam loket, aku menangis. Air mata mengalir begitu deras begitu saja, betapa teganya seseorang memasukkan bayi dalam loket seperti itu. Tapi ada catatan di dekat bayi itu isinya, 'Aku mencintaimu, anakku'. Sungguh mengharukan, bagiku itu sesuatu yang tak berperikemanusiaan, bagaimana bisa seseorang tega melakukan itu kepada seorang anak," paparnya. Tapi kemudian seiring berjalannya waktu, Priscilla menemukan kebahagiaan tersendiri saat merawat bayi-bayi di sana. Ada sebuah anugerah tersendiri bisa ikut merawat dan mengasuh bayi-bayi tersebut.

Kit doakan semoga yayasan Door of Hope bisa terus menjalankan misinya dengan baik, ya Ladies. Dan juga semoga jumlah bayi malang yang ditelantarkan bisa terus berkurang ke depannya.

KISAH LAINNYA

Bukti Sayang, Kakek Ini Buatkan Mobil Lamborghini Untuk Cucu

Lemahnya Tubuh Digerogoti Kanker Tak Memupuskan Semangatku

Usaha Permak Jeans di Jakarta, Yakin Rezeki Nggak Bakal Tertukar

Siswa Misterius Sebar Ribuan Origami Ucapan Valentine, Kisahnya..

Pemulung Ini Menyekolahkan 37 Anak, Kisahnya Menggetarkan Hati

(vem/nda)


REKOMENDASI PILIHAN
DIY: Kreasi Wadah Snack Dari Piring Kertas, Mudah Tanpa Ribet!

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Cancer

Kondisi kurang baik nih.