Sukses

Lifestyle

Mang Kodir, Penjual Mainan Keliling yang Bertahan di Era Gadget

Di zaman modern seperti saat ini, gadget sudah jadi sahabat terbaik anak. Sudah jadi hal yang begitu lumrah anak-anak akrab dengan gadget setiap harinya. Bahkan makin banyak saja anak yang meninggalkan mainan tradisional karena lebih suka main gadget.

Kenyataan itu sedikit banyak mempengaruhi nasib pedagang mainan keliling seperti Mang Kodir. Di tengah perkembangan zaman yang membuat anak-anak lebih akrab bermain gadget, Mang Kodir berusaha untuk tetap bertahan. Dengan gerobaknya, dia tetap berusaha mencari rezeki halal menjual mainan ke anak-anak sekolah dan juga berkeliling komplek.

Foto: copyright Vemale/Anisha Saktian Putri

"Saya sudah dari tahun 1987 berjualan mainan, peralatan sekolah, serta jepitan. Dari dulu hanya berjualan ini, tak pernah berganti-ganti jualan untuk menghidupi keluarga, walau sekarang anak-anak lebih senang bermain handphone tapi alhamdulilah dagangan tetap ada yang beli, rezeki nggak akan ke mana," ujar Mang Kodir saat ditemui tim Vemale.

Dalam sehari berjualan, mang Kodir dapat membawa penghasilan kurang lebih seratus ribu rupiah. Menurutnya, penghasilan tersebut dianggap cukup untuk menyekolahkan empat anak dan memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya.

"Anak empat masih pada sekolah. Ada yang di sekolah menengah kejuruan, sekolah menengah pertama, ada juga yang masih sekolah dasar tapi alhamdulilah dengan penghasilan segitu saya bisa menyekolahkan mereka," tambah Mang Kodir.

Foto: copyright Vemale/Anisha Saktian Putri

Berjualan mainan juga ada pasang surutnya sendiri. Seperti saat sekolah memasuki musim libur, pemasukan Mang Kodir pun menurun karena dagangan yang dijajakan hanya rame saat anak-anak sekolah. Maklum, kawasan sekolah termasuk yang paling menjanjikan untuk bisa membuat dagangannya laris.

"Yah kalau libur, pemasukan jadi sedikit sekali. Biasanya kalo ada sekolah, istirahat anak-anak jajan, tapi kalau libur nggak ada yang jajan. Paling keliling komplek saja selama sekolah libur," tambahnya.

Dari berjualan, Mang Kodir berharap bisa memiliki rumah untuk keluarganya dan membuat anak-anaknya lulus sekolah agar memiliki masa depan yang indah. Kita doakan yang terbaik untuk Mang Kodir sekeluarga, ya Ladies. Semoga selalu diberi kesehatan dan kesejahteraan.

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading