Sukses

Lifestyle

Kenapa Bakso Bentuknya Bulat, Nggak Kotak atau Segitiga?

Bakso merupakan salah satu makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan orang tua, semua suka akan bakso. Bicara mengenai bakso nih ya, pernah berpikir nggak sih kira-kira kenapa kok secara umum bakso bentuknya bulat?

Memang sih, ada beberapa bakso dengan bentuk yang cukup tak biasa yakni kotak, segitiga atau bentuk lainnya. Tapi, secara umum bakso tetap memiliki bentuk bulat. Ini berlaku untuk bakso di mana pun itu asalnya. Mengenai jawaban kenapa bakso bentuknya bulat, seorang netizen pada aplikasi ask.fm dengan akun bernama Fahmi Abdillah rupanya memiliki jawaban menarik dan cukup masuk akal.

Menurut Fahmi bakso memiliki bentuk bulat karena bulat adalah bentuk paling efisien dan mudah untuk dibentuk. Dibandingkan dengan membentuk bakso pada bentuk lain, bentuk bulat cukup mudah dilakukan. Jika membentuk bakso dengan bentuk lain, bisa jadi hal ini akan cukup menguras tenaga dan waktu. Ini juga menguras pikiran karena adonan bakso sebelum jadi bakso hanya merupakan adonan lembut dan cukup lembek sehingga sulit dibentuk jadi berbagai macam bentuk.

Baca juga: Masakan yang Dimasak Secara Tradisional Rasanya Lebih Nikmat, Kenapa?

Sebuah jawaban yang bisa jadi menjawab pertanyaan kita kenapa bakso bentuknya bulat/copyright ask.fm/Fahmi Abdillah

Mengingat bahwa proses mematangkan bakso harus segera direbus pada air mendidih sesaat setelah dibentuk, bentuk bulat adalah bentuk paling ideal untuk bakso. Selain itu, jawaban lain kenapa bakso bentuknya bulat adalah untuk memudahkan pembuat bakso memberikan isian di dalam bakso. Dengan bentuk bulat, isian bakso berupa tetelan, ati ampela, telur, keju bahkan sumsum sapi bisa terbungkus sempurna di dalam bakso.

Tak hanya itu saja ladies, menurut Fahmi, bakso yang dibentuk bulat juga memiliki makna khusus lainnya. Ini perihal menarik tidaknya bakso yang hendak disajikan. Dengan bentuk bulat, ini akan membuat tampilan bakso jadi lebih menarik dan makin menggugah selera.

Fahmi mengatakan, "Sedikit tambahan, berdasarkan apa yang saya pelajari selama ini, bentuk bola merupakan bentuk yang paling sempurna, karena tidak ada arah istimewa di manapun kita menghadap. Tidak ada sudut di dalam bola. Mungkin nenek moyang kita dahulu sudah berfilsafat seperti itu."

Mengenai bentuk bakso ini, kamu punya jawaban lain kenapa bakso bentuknya bulat ladies? Jika iya, jangan lupa share di kolom komentar dan mari kita terus cari tahu kenapa sih bentuk bakso bulat? Nggak ada salahnya juga buat kita bertanya langsung ke penjual bakso langganan atau yang memang ahli dalam kuliner bakso.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading