Sukses

Lifestyle

Food Fact: Roti Sudah Ada Ribuan Tahun Sebelum Manusia Bertani

Salah satu menu sarapan yang paling mudah dan praktis adalah roti. Roti juga mudah diolah jadi berbagai macam menu yang menggugah selera. Ternyata roti sudah ada sejak ribuan tahun lalu peradaban manusia, bahkan lebih awal dari budidaya pertanian.

Bukti arkeologi terbaru yang ditemukan di Yordania menyatakan, manusia telah membuat roti pipih yang dipanggang di atas batu sekitar 14.500 tahun lalu. Ditemukan sebuah fakta bahwa manusia sudah membuat roti 5.000 tahun lebih dulu daripada yang diperkirakan.

Menurut temuan yang diumumkan pada Senin (16/7), peradaban Natufia di sebelah timur Mediterania mencapai puncaknya dan telah membuat roti jauh lebih awal daripada yang diperkirakan oleh para ilmuwan.

"Keberadaan roti di sebuah situs dari zaman ini luar biasa," kata peneliti pascadoktoral Universitas Kopenhagen, Amaia Arranz-Otaegui, penulis utama makalah yang menjelaskan temuan ini dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.

"Kami sekarang akan meneliti apakah ada hubungan antara produksi roti dan awal mula pertanian," tambahnya.

"Ada kemungkinan roti telah memberi motivasi bagi orang-orang untuk mulai bercocok tanam dan bertani, jika itu menjadi makanan yang diinginkan atau yang banyak dicari."

Peradabannya berkembang di daerah Israel, Yordania, Suriah, dan Palestina antara sekitar 12.500 dan 9.500 Sebelum Masehi. Peradaban Natufia ini mendirikan kota Jericho, yang mungkin merupakan kota tertua di dunia. Sebelumnya ditemukan sampel roti tertua di situs berusia 9.100 tahun di Turki. Dalam penelitian tersebut juga dilakukan reproduksi roti sesuai resep kuno. Arranz-Otaegui menggambarkan hasilnya sebagai "berpasir dan asin."

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading