1. VEMALE
  2. /
  3. ICIP ICIP

Mengapa Aroma Makanan Bisa Bikin Kita Merasa Lapar?

Sabtu, 14 Juli 2018 13:30 Penulis: Ivana Okta Riyani
Copyright: istockphotos

Vemale.com - Ladies, kamu pasti pernah mengalami hal ini. Yup, mencium aroma masakan nyatanya memang membuat kita merasa lapar dan tak sadar meneteskan air liur. Mengapa bisa begitu? Secara ilmiah aroma makanan dapat memicu isyarat air liur untuk meningkatkan aktivitas di otak dalam mengirimkan informasi.

Sebuah penelitian pada tahun 2010 membuktikan bahwa aroma manis atau berlemak dapat mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan motivasi untuk mendapatkan makanan tersebut. Aroma makanan ini berhubungan dengan bagian otak yang mengontrol asupan makanan.

Ini akan menjadi semakin parah saat kamu lapar atau belum makan Ladies. Rasa lapar membuatmu lebih sensitif terhadap aroma makanan. Jadi ketika kamu lapar, kemampuan dalam mencium aroma makanan akan menjadi lebih baik.

Mekanisme dalam otak dalam mencium aroma masakan makin kuat jika kamu lapar. Ini bisa terjadi karena sistem endocannabinoid. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa sistem endocannabinoid dapat mengontrol asupan makanan dengan menggunakan indera penciuman. Endocannabinoid sendiri adalah bahan kimia yang dibuat tubuh dan berfungsi untuk mengirim pesan antar sel. Reseptor di sistem endocannabinoid berhubungan dengan sensasi seperti euforia, kecemasan dan rasa sakit.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
Suka Unggah Caption Lucu, Apa Alasan Ferry Salim?