Sukses

Lifestyle

Begini Nih Cara Untuk Melestarikan Warisan Kuliner Nusantara

Ladies tentu kita sudah tahu jika Indonesia memiliki beragam kuliner yang tersohor hingga mancanegara. Karenanya, perlu regenerasi pelestarian warisan kuliner terus berjalan dari waktu ke waktu agar tidak punah.

Regenerasi ini pun dilakukan oleh Kecap Bango setiap tahunnya dengan menggelar sebuah kompetisi bertajuk "Bango Penerus Warisan Kuliner 2018." Menurut Thomas Agus Pamudji, Managing Director Unilever Food Solutions, acara ini bertujuan untuk mengajak para pengusaha kuliner di seluruh wilayah Indonesia, untuk turut melestarikan kekayaan warisan kuliner Nusantara.

"Tanpa regenerasi yang kuat, kuliner Nusantara bisa hilang tergerus waktu dan era globalisasi. Inilah yang juga menjadikan peluang bagi generasi muda, khususnya mereka yang menekuni usaha di bidang kuliner Nusantara," ujar dia dalam konferensi pers "Bango Penerus Warisan Kuliner 2108" di Jakarta, Selasa (6/2).

Lalu bagaimana cara mengikuti kompetisi ini? Thomas menjelaskan para pengusaha kuliner Nusantara bisa mendaftarkan usaha dan hidangan terbaik mereka melalui website www.pewariskuliner.com. Setelah mendaftar mereka bisa mempromosikan dan menggalang dukungan untuk memilih hidangan mereka melalui platform Instagram dan Facebook.

Konferensi pers "Bango Penerus Warisan Kuliner 2018"/copyright vemale.com/Anisha SP

“Ada beberapa kriteria penjurian seperti produk makanan unik, enak, dan menggunakan bahan makanan yang tak biasa akan menjadi keunggulan bagi para pendaftar,” tambahnya. Nantinya, 20 finalis dengan jumlah vote terbanyak dan 2 finalis pilihan dengan juri yang terbaik bisa mengikuti penjurian dan program workshop di Jakarta.

Kegiatan yang didukung oleh BEKRAF RI ini akan terpilih lima pemenang yang berhak mendapatkan total hadiah sebesar Rp500 juta, yang bisa dipergunakan untuk mengembangkan usaha kuliner Nusantara mereka.

“Hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memaksimalkan proses regenerasi warisan kuliner Nusantara, agar produk, inovasi, model bisnis dan kreativitas pengusaha kuliner Nusantara dapat terus meningkat, serta membuat kuliner tradisional Indonesia terus dicintai dari generasi ke generasi,” tutupnya.



(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading