KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. ICIP ICIP

Di Jepang Ada Es Krim Anti Leleh, Ternyata Rahasianya...

Kamis, 10 Agustus 2017 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Kanazawa Ice./Copyright twitter.com/kanazawaice/

Vemale.com - Saat kita beli es krim, biasanya kita harus cepat-cepat menghabiskannya karena takut leleh. Apalagi kalau cuacanya sedang panas terik, es akan cepat sekali mencair. Tapi di Jepang ada es krim yang nggak gampang meleleh meski beada di bawah terik sinar matahari. Wah, kok bisa ya?

Kanazawa Ice yang dijual di distrik Higashi-Chaya ini diklaim sebagai es krim anti leleh. Seperti yang dikutip dari designtaxi.com, seorang reporter Asahi Shimbun membuktikannya langsung. Di tengah suhu 28 derajat celcius, ia mencoba berdiri di tengah terik sinar matahari selama lima menit sambil memegang es krim. Hasilnya, es krim tetap bertahan pada bentuk aslinya alias tidak mencair.

Es krimnya nggak gampang leleh./Copyright asahi.com

Biotherapy Development Research Center Co. di Kanazawa menciptakan es krim tersebut dan mulai memasarkannya pada bulan April 2017. Mereka juga menjualnya di outlet-outlet yang ada di Osaka dan Tokyo.

Es krim dari Kanazawa Ice ini jelas bukan es krim biasa. Rahasianya terletak pada bahan yang digunakan. Ada kandungan cairan polifenol (polyphenol liquid) yang diesktrak dari buah stroberi yang digunakan dalam es krim tersebut. Profesor Tomihisa Ota dari Kanazawa University menjelaskan bahwa cairan polifenol memiliki kemampuan untuk menjaga agar kandungan air dan minyak tidak terpisah. Dan es krim yang menggunakan bahan terebut bisa lebih tahan lama dan nggak gampang mencair.

Bentuknya lucu-lucu ya./Copyright twitter.com/kanazawaice/

Menariknya lagi penemuan tersebut terjadi secara tidak sengaja. Awalnya pihak Biotherapy Development Research Center Co. meminta bantuan seorang pastry chef untuk membuat jenis kudapan baru dengan menggunakan esktrak polifenol stroberi. Proyek tersebut merupakan bagian dari usaha membantu para petani stroberi di Miyagi yang kena dampak tsunami tahun 2011 lalu. Saat itu para petani stroberi sedang kesulitan untuk menjual hasil taninya.

Ketika melakukan berbagai macam uji coba untuk membuat jenis panganan baru dari ekstrak stroberi, ditemukan bahwa krim susu bisa lebih cepat mengental saat diberi tambahan ekstrak polifenol stroberi. Dari situ kemudian, Ota terus berinovasi dan akhirnya berhasil menciptakan Kanazawa Ice.

Wah, jadi penasaran ingin mencobanya. Di Indonesia ada nggak ya es krim yang seperti ini?

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA