Sukses

Lifestyle

Ini Dia Rasa Sushi Sebenarnya yang Sesuai dengan Lidah Orang Jepang

Walaupun makan khas Jepang seperti sushi, sudah menjadi makan yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun, sebenarnya ada perbedaan rasa antara sushi asli Jepang, dengan sushi yang beredar di pasaran Indonesia.

Menurut Cahyadi, Executif Chef di restaurant khas Jepang, Sekai, kebanyakan sushi-sushi yang ada di restaurant-restaurant Jepang di Indonesia, rasanya sudah disesuaikan lidah Indonesia seperti lebih gurih dan manis. Sebenarnya, sushi asli Jepang memiliki rasa lebih asin.

Sushi orang Jepang memiliki rasa yang lebih asin/copyright shutterstock.com

Selain rasa, teksturnya pun berbeda, orang Indonesia lebih menyukai sushi yang lebih garing. "Di Indonesia memang lebih menyukai yang gurih dan manis. bahkan ada juga yang sushi pedas, jadi rasa asinnya dihilangkan," ujar Cahyadi saat ditemui di Sekai, Senopati, Jakarta Selatan.

Serta untuk pemilihan sausnya, kebanyakan restaurant di Indonesia tidak menggunakan mirin, yang notabennya tidak halal. Cahyadi mengungkapkan, pengganti mirin ialah jus apel yang dibuat olehnya sendiri.

"Saus di Indonesia biasanya bebas alkohol jadi tidak menggunakan mirin. Mirin sendiri berfungsi sebagai penguat rasa dan pengawet. Jadi ganti mirin itu saya buat dari sari apel yang dijus sendiri," tutupnya.

Well Ladies, sudah tahu kan bagaimana perbedaan cita rasa sushi Indonesia dan yang asli di Jepang?

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading