Sukses

Lifestyle

Lezatnya 4 Menu Makanan Khas Jepara Yang Membuat Lidah Bergelora

Ladies, apa yang terlintas dalam benakmu kala mendengar kata Jepara? Dua hal yang dikenal dari kota ini, pertama sebagai kota kelahiran pejuang emansipasi wanita R.A. Kartini dan kedua adalah kota ukir. Sebagai sebuah kabupaten di Jawa Tengah, kota Jepara banyak menyimpan cerita sejarah, destinasi wisata dan beragam kuliner yang khas dari kota yang berbatasan dengan Laut Jawa ini.

Nah, selain kerajinan ukirnya yang ternama, Jepara juga punya kuliner khas yang unik lho. Khususnya untuk para pecinta makanan khas daerah, kota Jepara memiliki keanekaragaman makanan khas yang dijamin akan membuatmu ketagihan. Berikut ini makanan khas kota Jepara yang dibagikan di Cookpad yang bisa Anda coba dan nikmati.  

Pindang serani

Copyright Elza Simple Kitchen
Bahan utama dari masakan ini adalah ikan laut. Ikan yang biasa diolah untuk masakan ini antara lain ikan kerapu, kakap atau patin. Kamu akan merasakan kesegaran sup pindang hasil perpaduan antara rasa manis, asam dan pedas. Dijamin nggak cukup seporsi!

Singit
Copyright Anggita Widasari
Masakan tradisional ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama yang diolah bersama santan dan kecap manis. Dengan bahan sederhana dan cara pembuatan yang mudah, Singit ini direkomendasikan untuk kamu yang baru belajar masak.

Sop udang

Copyright Aura Riza

Beda dengan sop lainnya yang biasa berbahan ayam, alasan mengapa sop udang terkenal di Jepara adalah karena jumlah udang yang cukup berlimpah di wilayah pesisir ini dan cukup gampang dicari dibandingkan daging. Proses pembuatannya sama seperti sop pada umumnya, untuk memperkaya rasa, bisa tambahkan kaldu udang.

Rondho royal

Copyright Qie

Dikenal juga dengan nama Monyos atau istilah awamnya kita sebut tape goreng. Ini ada panganan ringan khas dari Jepara yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan tape dan digoreng. Rasanya yang manis, asam dan sedikit asin lebih enak dinikmati selagi hangat sebagai teman minum teh atau kopi.

Siapa lagi yang dapat melestarikan kekayaan kuliner tradisional Indonesia kalau bukan para generasi muda bangsa ini. Mari bersama-sama kita abadikan resep-resep masakan Indonesia agar tidak hilang ditelan zaman dan kelak dapat kita wariskan kepada anak cucu kita di masa mendatang. Kumpulan resep-resep dari Jepara dan daerah lainnya bisa Anda dapatkan di cookpad.com/id. Selamat mencoba!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading