Sukses

Lifestyle

Bukan Bento Biasa, Di Tangannya Wajah-Wajah Ini Seolah Hidup

Ladies, saat masih sekolah dulu, membawa bekal makanan ke sekolah adalah hal yang menyenangkan. Pagi-pagi orang tua sudah menyiapkan bekal yang dibuat dengan penuh cinta. Menyantapnya makanannya pun penuh suka cita.

Di Indonesia, bekal yang biasa dibawa anak-anak ke sekolah nggak jauh-jauh dari menu roti, nasi goreng atau mie goreng. Tapi berbeda halnya dengan di Jepang. Bekal kotak nasi atau bento tak hanya sekedar sebagai pengganjal perut saja, tapi juga menjadi bagian dari seni.

Tomomi Maruo adalah seorang charabentist atau seniman charaben. Charaben adalah kependekan dari "character bento". Charaben memang unik, Ladies, karena nasi dan lauk-pauknya dibentuk dan ditata sedemikian rupa sangat menarik. Menjadi bentuk aneka karakter anime, kartun atau bentuk-bentuk lainnya.

Kemampuan Maruo dalam mengemas charaben memang menakjubkan. Ia membuat charaben dengan wajah Michael Jakson hingga Presiden Obama menjadi benar-benar nyata, mirip seperti aslinya. Untuk membuat charaben, Maruo membutuhkan waktu satu hingga dua jam. Kemampuannya ini tidak disimpannya sendiri, melainkan ia membuka kelas kecil untuk para ibu yang ingin belajar membuat charaben.

Sumber: youtube.com/The Great Big Story

Ada yang menarik dari tradisi charaben di Jepang. Begitu ngetrennya charaben, banyak sekolah TK yang melarang anak-anak untuk membawanya. Ini dikarenakan sekolah khawatir jika terjadi persaingan antar ibu dan antar anak.

Bagi Maruo, membuat charaben adalah kepuasan tersendiri, apalagi saat anak-anak menyukainya masakan buatannya dan menghabiskannya tanpa sisa. Karya-karya charaben Maruo memang sangat menggemaskan!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading