Sukses

Lifestyle

Phillips Wujudkan Kota Cerdas Bermandikan Cahaya

Jakarta akan semakin gemerlap, Ladies. Cahaya penerangan di sekitar 90.000 lampu jalan di Ibu Kota Indonesia ini akan semakin terkoneksi dengan sistem Philips CityTouch. Di mana aplikasi pencahayaan di dalamnya adalah inovasi terapik untuk kota pintar (smart cities), rumah pintar (smart homes), dan gedung pintar (smart buildings).

Philips CityTouch sendiri merupakan sebuah sistem manajemen pencahayaan terkoneksi untuk penerangan jalan. Ia menawarkan aplikasi web sederhana untuk menganalisa, merencanakan, dan menjaga manajemen alur kerja. Singkatnya, lampu yang bisa mengirim "pesan" ada yang salah dengan dirinya dan bisa segera diperbaiki oleh operator.

Menurut Chandra Vaidyanathan sebagai Presiden Direktur PT Philips Indonesia, proyek ini adalah salah satu proyek CityTouch terbesar di dunia untuk Philips Lighting. Jakarta juga memegang rekor instalasi luminer tercepat untuk pemasangan setiap harinya sesuai jadwal.

"Kami bukan saja bekerja sama dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperkenalkan suatu gerakan hemat energi. Tapi juga dengan industri dan pelaku rumah tangga untuk mensosialisasikan pentingnya hemat energi," kata Chandra dalam jumpa pers Phillips Ligting Week bertema 'Light Beyond Illumination' di The Hall, Senayan City, Jakarta, Kamis, 17 November 2016.

Jumpa pers  Phillips Ligting Week bertema 'Light Beyond Illumination'/Phillips

Untuk Jakarta, proyek ini membantu mengubahnya menjadi kota pintar. Sebab, proyek ini melibatkan penggantian hampir 90.000 lampu jalan yang dipasang hanya dalam tujuh bulan dengan sekitar 430 titik lampu yang terkoneksi setiap harinya. Dikatakan Dian Ekowati sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta bahwa sistem ini akan sangat membantu masyarakat perkotaan.

Khusus untuk tema 'Light Beyond Illumination', akan diadakan pameran di Senayan City selama 17 - 20 November 2016. Di dalamnya, kamu bisa menyaksikan contoh unik desain modern minimalis untuk rumah pintar (smart homes) yang dirancang arsitek kenamaan, Cosmas Gozali.

Desainer Cosmas Gozali (tengah) dalam  Phillips Ligting Week bertema 'Light Beyond Illumination'/Phillips

Desain rumah di  Phillips Ligting Week bertema 'Light Beyond Illumination'/Vemale.com/Zika Z

"Desain futuristik itu liveable (bisa ditinggali). Dengan lampu yang tepat akan menjadikan rumah yang nyaman, bersih, dan jadi tren terbaru," kata Cosmas.

Selain itu diperlihatkan pula beragam contoh pencahayaan yang dilakukan oleh Philips HUE. Varian ini sendiri merupakan produk terbaru dari Phillips dan sudah bisa didapatkan secara pre-order Philips HUE ekslusif di Lazada.co.id mulai dari 12 - 19 Desember 2016.

Salah satu ruang pameran di  Phillips Ligting Week bertema 'Light Beyond Illumination'/Vemale.com/Zika Z

Cahaya bukan hanya menghilangkan keraguan, tapi juga menciptakan rasa aman, Perasaan aman inilah yang terpenting dibutuhkan untuk wanita seperti kita yang hidup di perkotaan Jakarta. Well done, Phillips!

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading