KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. HOT EVENT

Inspiratif! Pelatihan Internet Gratis untuk Komunitas Tunanetra

Kamis, 07 April 2016 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Foto: dok. Vemale

Vemale.com - Kemajuan teknologi membuka peluang pekerjaan bagi siapapun. Tak hanya manusia berpenglihatan normal saja yang berlomba-lomba meraup rezeki secara online,para tunanetra pun tak mau ketinggalan, mereka sekarang ini melek akan teknologi. Terbukti dengan berdirinya komunitas generasi muda, yakni Kartunet (Karya Tuna Netra).

Karena banyak tunanetra yang ingin mandiri secara finansial, maka mereka mendapat kesempatan untuk pelatihan internet di Rumah Internet Atmanto (RIAT) secara gratis. RIAT memfasilitasi kebutuhan para komunitas tunanetra, dengan mempunyai visi memberdayakan masyarakat umum serta membantu penyandang disabilitas untuk mandiri dan mendapatkan pekerjaan.

Foto: dok. Vemale

"Program ini merupakan pemikiran saya dan suami saya Indar Atmanto serta anak saya Faiz Atmanto sebagai Founder. Kami mempunyai visi misi untuk memberdayakan masyarakat khususnya tuna netra. Ini juga salah satu yang mendukung program Presiden Jokowi revolusi digital," ungkap Amy Atmanto saat ditemui Vemale di Rumah Internet Atmanto, Pengadegan Utara, Jakarta Selatan.

Pelatihan untuk mengakses internet yang diberikan awalnya pengenalan akan komputer, kemudian pengenalan internet, lalu pelatihan online commerce bagi penyandang keterbatasan dan pengembangan website crowdsourcing.

Foto: dok. Vemale

"Program ini merupakan pemikiran suami saya Indar Atmanto sebagai Founder dan saya, serta anak saya Adam Atmanto dan Faiz Atmanto. Kami mempunyai visi misi untuk memberdayakan masyarakat khususnya tuna netra. Ini juga salah satu yang mendukung program Presiden Jokowi revolusi digital," ungkap Amy Atmanto sebagai Juru Bicara saat ditemui Vemale di Rumah Internet Atmanto, Pengadegan Utara, Jakarta Selatan.

"Teknologi menjadi alat buat teman-teman menjadi berkembang. Anak-anak Indonesia yang disabilitas banyak peluang untuk bisa berpenghasilan, ini menjadi nilai yang lebih di masyarakat," tambah Yenny Wahid dalam kesempatan yang sama.

Diharapkan ke depannya dengan menggunakan internet serta kemampuan mengoperasikan komputer, para tunanetra bisa mandiri secara finansial. Kita doakan yang terbaik untuk kesuksesan mereka juga, ya Ladies.

[pos_2]

(vem/yun/nda)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Reportorial