Sukses

Parenting

Philips Luncurkan Solusi Mobile Obstetrical Monitoring (MOM) Untuk Bantu Kesehatan Ibu Hamil

Setiap tahun angka kematian ibu hamil di Indonesia lebih besar dari yang diperkirakan. Hal ini dikarenakan  sulitnya akses di daerah pedesaan, yang membuat ibu hamil sulit menemui dokter spesialis. Padahal, di zaman modern seperti sekarang ini, di mana teknologi semakin maju dan berkembang, hal tersebut seharusnya tidak lagi menjadi kendala yang membuat angka kematian ibu hamil tetap tinggi setiap tahunnya. Melihat kondisi inilah, Philips memberikan solusi berbasis ponsel pintar Mobile Obstetrical Monitoring (MOM).

Suryo Suwignjo, Direktur Utama Philips Indonesia, mengatakan bahwa Mobile Obstetrics Monitoring (MOM) ini merupakan bagian dari strategi Philips untuk menyediakan solusi layanan perawatan terkoneksi dengan jangkauan lokasi lebih luas, serta memungkinkan perawatan terintegrasi yang terfokus pada perorangan, yang disesuaikan untuk menjawab kebutuhan lokal.

"Dengan meluncurkan MOM sebagai bagian dari solusi Philips di Sumatera Barat tepatnya di daerah Sijunjung, kami dapat membantu masyarakat desa terpencil untuk mendapatkan layanan dari ahli kesehatan dan teknologi yang tepat, di waktu yang tepat," ucap Suryo saat ditemui pada jumpa pers di kawasan Kuningan Jakarta Senin 11 Januari 2016.

Solusi pencatatan kehamilan ini memungkinkan para bidan di area terpencil, untuk mengirim data pengukuran vital, data observasi, dan gambar ultrasonik mobile kepada dokter kebidanan dan kandungan ke rumah sakit yang lebih besar, serta bekerja sama dengan mereka agar dapat  menentukan perawatan yang lebih tepat dan cepat selama periode kehamilan.

"Melalui Mobile Obstetrical Monitoring (MOM) para bidan dapat menyusun riwayat kesehatan para ibu hamil dengan mengumpulkan data hasil pemeriksaan dan uji fisik di puskesmas atau observasi langsung dengan mendatangi rumah para ibu hamil," terangnya.

Layanan ini menggunakan dua aplikasi ponsel. Aplikasi yang pertama memungkinkan bidan untuk mengumpulkan data vital seperti berat badan, tekanan darah, dan suhu tubuh, yang nantinya akan diselaraskan ke portal web MOM. Aplikasi yang kedua digunakan oleh dokter untuk melihat data vital dan meninjau perkembangan sang ibu."

Lebih lanjut, ia juga mengatakan,"Philips bekerjasama dengan PT. Telkom, penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, untuk memungkinkan solusi MOM menjangkau area yang luas di seluruh Indonesia. Kerjasama ini dilakukan untuk menerapkan program Mobile Obstetrical Monitoring Solution yang pertama di Indonesia secara menyeluruh dan komersil," jelasnya.

Dengan diluncurkannya solusi MOM ini, maka diharapkan akan mampu meningkatkan deteksi dini kehamilan berisiko tinggi sebesar tiga kali lipat, serta dapat membantu ibu hamil mendapatkan pengawasan medis dan perawatan yang dibutuhkan agar dapat melahirkan dengan aman.

"Program ini melibatkan lebih dari 650 kehamilan, dan tak satu pun ibu meninggal karena penyebab kematian yang berhubungan dengan kehamilan dan kelahiran dapat dihindari," tutup Suryo.

(vem/yun/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading