Sukses

Lifestyle

Pandawa Diva, Pameran Seniman Kontemporer F. Widayanto

Anda mungkin sudah familiar dengan seniman seni rupa F. Widayanto. Ia adalah seorang seniman dengan aliran kontemporer yang lebih dikenal karena gayanya yang khas dan teknik seninya. Sesungguhnya, masih banyak pengamat yang tidak rela menggolongkan karya F. Widayanto sebagai karya seni kontemporer karena ia juga masih memasukkan unsur tradisional.

Dalam pameran ini, Anda akan menemukan maestro keramik F. Widayanto menggali dan mempersatukan berbagai unsur kebudayaan secara elektis. Akan ada sentuhan motif dedaunan peterseli pada beberapa patung Drupadi, bunga kantil yang merupakan lambang dari provinsi Jawa Tengah. Memang, motif flora dan fauna Indonesia adalah ciri khas karya F. Widayanto.

Drupadi Puppet Show adalah pertunjukan boneka naratif yang membuka pameran F Widayanto - Pandawa Diva. Pertunjukan ini mengadaptasi karakter dan kisah Drupadi yang kemudian disuguhkan dalam 4 babak yang terdiri dari bagian penting dari kehidupan Drupadi itu sendiri. Mulai dari kelahiran, percintaan, insiden perjudian yang berujung pada pelucutan kemben Drupadi dan pelontaran kutukan Drupadi lengkap dengan kemurkaannya.

Puppet show ini mengadopsi 2 jenis pertunjukan boneka yang sudah familiar selama ribuan tahun yaitu Bunraku, wayang Jepang 3 dimensi dan Wayang kulit Jawa. Bentuk 3D juga terasa lebih dekat dengan bentuk patung karya Trimata. Drupadi memang diposisikan sebagai bintang utama dalam pertunjukan boneka minimalis ini, ada juga tokoh lain seperti Pandawa Lima, para Kurawa, Batara Kresna dan juga berbagai properti pendukung lainnya.

Puppeteers pada pertunjukan ini terdiri dari 6 performer yang dipimpin oleh Fajar Abadi. 3 Puppeteers menggerakkan Drupadi dan 3 lainnya menjadi pemain wayang bayangan. Yang menarik adalah, yang merancang dan membuat wayang Trimata ataupun Dwimatra adalah F. Widayanto sendiri sehingga Anda akan merasakan sinergi yang kuat antara pertunjukan dengan pameran karya F. Widayanto sendiri.

Kurang lebih ada 30 mahakarya patung Dewi Drupadi karya F. Widayanto yang dipamerkan. Perpaduan estetika yang harmonis akan membawa Anda ke masa Dewi Drupadi. Apa saja koleksinya? Cek di galeri di sini.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading