Sukses

Lifestyle

FGJS 2013 Lampaui Target Rp. 11,8 Triliun Bertabur Penghargaan

Perhelatan akbar pesta diskon Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2013 yang diusung oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta bersama Pemerintah Kota DKI Jakarta sebagai rangkaian perayaan HUT DKI Jakarta ke-486. Berlangsung selama 1,5 bulan dari 1 Juni – 14 Juli 2013, diikuti oleh 74 Mal/Pusat Belanja/Trade Centre di seluruh wilayah DKI Jakarta berhasil lampaui target Rp.11,8 triliun. Acara ini resmi ditutup oleh Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, didampingi Handaka Santosa, Ketua APPBI DPD DKI Jakarta sekaligus Ketua Panitia Pelaksana FJGS 2013 bersama dengan  Ir. Hasan Basri Saleh, Msc. selaku Asisten Perekonomian & Adm. Sekda Prov. DKI Jakarta dan Thomas C Malayil, CEO Lippo Mall Kemang bertempat di Grand Atrium Lippo Mall Kemang, lantai Ground pada (14/7).

”Kesuksesan FJGS 2013 ini berkat kerjasama yang erat antara 74 mal/pusat belanja/trade centre peserta, seluruh asosiasi, para sponsor, media partner dan instansi pendukung lainnya. Kerjasama dari berbagai pihak dalam program ini menjadikan FJGS 2013 sukses dan lancar dalam penyelenggaraan serangkaian agenda acaranya. Kesuksesan ini terlihat dari nilai transaksi yang melampaui target hingga Rp. 11,8 Triliun. “Dampak positif juga dirasakan oleh banyak pihak melalui program FJGS 2013 di antaranya kenaikan jumlah pengunjung ke mal/pusat belanja/trade centre peserta, peningkatan penjualan dan nilai transaksi oleh para retailer serta peningkatkan pendapatan pajak daerah” ungkap Handaka.

Lebih lanjut Handaka menjelaskan, “Program FJGS merupakan pesta diskon yang dilaksanakan secara serentak setiap tahun di DKI Jakarta. Kesuksesan demi kesuksesan di setiap penyelenggaraannya menjadikan FJGS sebagai acuan dalam pengembangan program pesta belanja di kemudian hari. Harapan besar dari kesuksesan FJGS ini dapat mengantarkan menjadi program Java Great Sale di tahun-tahun selanjutnya yang pada akhirnya terbentuklah Indonesia Great Sale”. FJGS juga merupakan salah satu program belanja untuk menarik wisatawan domestik agar tetap berbelanja di dalam negeri. Sehingga devisa negara pun juga ikut naik. Selain itu program ini juga berhasil menjaring wisatawan asing untuk datang berbelanja ke Jakarta dalam program FJGS 2013”.

Serangkaian promo dan  kegiatan dalam FJGS 2013 telah di gelar di antaranya potongan harga 70%, Grand Midnight Sale di 14 Mal peserta FJGS dan  undian berhadiah Shopper Card FJGS 2013. Pembukaan Grand Midnight Sale yang digelar di Senayan City pada 21 Juni 2013 lalu berhasil memecahkan rekor dunia MURI untuk kategori “Midnight Sale Secara Serentak di Pusat Perbelanjaan Terbanyak” piagam penghargaan diberikan kepada 14 mal yaitu Arion Mall, Central Park, Cilandak Town Square, Kalibata City Square, Lippo Plaza Kramat Jati, Kuningan City, Mal Matahari Puri Daan Mogot, Mal Kelapa Gading, Mal Taman Palem, Plaza Blok M, Plaza Senayan, The Plaza Semanggi, Senayan City dan Tebet Green Mall pada malam penutupan FJGS 2013.

Pada malam penutupan FJGS 2013 juga diikuti dengan serangkaian acara penyerahan FJGS Award kepada Leased Mall dan Strata Mall. Kriteria Leased Mall di lihat dari sistem sewa mal, luas mal, jumlah gerai dengan merk terkemuka, desain interior & exterior bangunan. Leased mall untuk kategori Platinum diberikan kepada Senayan City, Grand Indonesia, Central Park. Sementara Leased Mall untuk kategori Gold diberikan kepada Plaza Blok M, Pejaten Village, Plaza Kalibata. Selanjutnya Leased Mall untuk kategori Classic diberikan kepada Arion Mall, Mal Matahari Puri Daan Mogot, Plaza Festival. FJGS Award untuk Strata Mall dilihat dari sistem jual, jumlah penjual serta desain interior dan exterior bangunan, penghargaan ini diberikan kepada Mal Taman Palem, Poins Square, Blok M Square.

Penghargaan khusus juga diberikan kepada Kota Kasablanka sebagai tempat penyelenggara pembukaan FJGS 2013 dan kepada Lippo Mall Kemang sebagai tempat berlangsungnya penutupan FJGS 2013. Penghargaan juga diberikan kepada para sponsor & Mitra diberikan pada malam penutupan FJGS yaitu Bank BRI, Media Group, Secure Parking, Volkswagen, Samsung, Garuda Indonesia, PT. Angkasa Pura 2 dan Blue Bird.

Simbolis penyerahan hadiah kepada para pemenang undian berhadiah Shopper Card FJGS 2013 diberikan kepada pemenang VW Touran, pemenang tabungan senilai Rp. 50.000.000,- dari Bank BRI dan salah satu pemenang hadiah dari Samsung.  Pengundian ini telah dilakukan di The Patio, Tribeca Park, Central Park Mall pada 10 Juli 2013 lalu. Penarikan undian disaksikan secara langsung oleh dinas sosial, notaris yang mengesahkan hasil pengundian. Total FJGS Shopper Card 2013 tercatat sebanyak 15.026 kartu dengan 860.035 nomor undian. Jumlah pengunjung selama program FJGS senantiasa mengalami kenaikan setiap tahunnya 20% dan pada program FJGS 2013 ini sebanyak  13,5 juta pengunjung.

Program FJGS 2013 juga mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berbagai program juga telah dipersiapkan untuk mendongkrak pariwisata Jakarta, di antaranya diskon paket wisata, diskon penginapan, tiket penerbangan murah, dll. Selain itu, bentuk dukungan lain yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah dengan disediakannya Counter FJGS 2013 di Terminal 2D Kedatangan Internasional Bandara Internasional Soekarno Hatta guna menjaring wisatawan mancanegara. Counter FJGS 2013 ini telah disediakan sejak program FJGS 2013 dimulai setiap harinya mulai pukul 10.00 – 22.00 wib. Petugas dengan busana tradisional Betawi siap membantu anda dengan berbagai informasi berkaitan dengan program FJGS 2013. Terdapat juga peta wisata, dan berbagai keterangan lainnya mengenai FJGS 2013 di counter ini. Sosialisasi lain mengenai program FJGS 2013 yang diterapkan bagi para pengunjung bandara adalah dengan dipasangnya billboard FJGS 2013 di pilar bandara.

Berbagai pihak yang turut berperan menyukseskan FJGS 2013, di antaranya Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo), Persatuan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Pemasok Garmen dan Aksesori Indonesia (APGAI), Assosiation of the Indonesia Tours & Travel Agencies (ASITA), Asosiasi Pengusaha Kafe & Restoran Indonesia (APKRINDO), Asosiasi Rekreasi Keluarga Indonesia (ARKI), Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Asosiasi Matahari Suppliers Club (ASMC), Asosiasi Spa Indonesia (ASI), PD Pasar Jaya dan Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta.

FJGS 2013 disponsori oleh Bank BRI, Secure Parking, VW, Samsung dan didukung oleh Garuda Indonesia, Blue Bird, Woman Radio serta Metro TV Group (Metro TV, Media Indonesia, Metrotvnews.com) sebagai media partner.

Mari bersama – sama kita sukseskan perayaan FJGS 2014 dan jadikan Jakarta sebagai kota tujuan wisata belanja dan budaya bertaraf internasional.

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading