Sukses

Lifestyle

Liputan Jakarta Fashion & Food Festival 2013

Kembali lagi Kementrian Perdagangan (KemenDag) menggelar Jakarta Fashion & Food Festival di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada tanggal 9 - 26 Mei 2013 lalu. Event yang memadukan khasanah fashion dan makanan ini dimeriahkan dengan parade jajanan  Nusantara yang kaya dengan sumber makanan non-beras, sejalan dengan program Kemendag tahun ini.

Belum sempat kesana? Jangan kuatir, Vemale bagi-bagi resep makanan dan wawancara dengan peserta parade Jajanan Nusantara berikut ini:

 

Tahu Gunting

Ade penjual Tahu Gunting

Ade yang baru berusia 22 tahun ini melihat peluang menjadi pembuat Tahu Gunting karena ia merasa panganan yang dijualnya ini jarang ditemui di pinggir jalan atau hampir tidak ada pedagang pikul atau gerobak yang menjualnya. Panganan khas Surabaya ini memiliki rasa yang gurih dan mengenyangkan walaupun disantap tanpa nasi maupun lontong. Berikut resep & cara membuatnya:

Bahan: tahu goreng, kentang goreng, sambal kacang, kecambah, seledri iris, bawang goreng, acar, dan kerupuk.

Sambal Kacang: kacang tanah sangrai, gula merah, petis, air asam, dan kecap manis.

Cara Membuat: gunting tahu goreng, kemudian berikan kentang goreng, siram dengan sambal kacang, lalu berikan kecambah, irisan seledri, bawang goreng, acar, dan lengkapi dengan kerupuk.

 

Mie Kangkung

Bu Evie penjual Mie Kangkung

Menurut Bu Evie, panganan peranakan Tionghoa dan betawi ini memiliki rasa yang khas. Kuah dari mie kangkung itu sendiri memiliki rasa gurih, manis, dan asin. Mie Kangkung juga jarang ditemukan di rumah makan ataupun pedagang keliling. Menyantap 1 porsi mie kangkung ini bisa mengenyangkan perut kita. Mie kangkung bisa dijadikan panganan sebagai pengganti nasi. Bagaimana cara membuatnya?

Bahan: mie telur rebus, kangkung, tauge, tumisan ayam, Juhi dan ebi berbumbu , udang rebus , dan kaldu ayam.

Pelengkap: bawang goreng, jeruk limau dan sambal rebus.

Cara Membuat: tata mie telur, kangkung, tauge, tumisan ayam, dan udang rebus kedalam mangkuk saji. Lalu lengkapi dengan bawang goreng, perasan jeruk limau, kemudian siram dengan kuah kaldu mendidih agar kangkung dan tauge matang. Berikan sambal rebus sesuai selera.

 

Ladies, udah siap mencoba resep tahu gunting dan mie kangkung?

(vem/Joe)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading