1. VEMALE
  2. /
  3. HOT EVENT

Cerita Unik Founder FishGo dari Gelaran The NextDev Talent Scouting 2018

Senin, 29 Oktober 2018 09:55 Penulis: aik
(c) vemale.com/Stella Maris

Vemale.com - Menyambangi tujuh kota dan berhasil menjaring 23 startup tahap awal dengan potensi terbaik di Indonesia, The NextDev 2018 akhirnya usai digelar. Mengambil tempat di JCC pada 26 Oktober yang lalu, ada tiga startup yang berhasil meraih gelar Best of The Best The NextDev Talent Scouting 2018, yaitu HelloBeauty, GardaPangan, dan FishGo.

Namun, ada cerita unik yang terselip dari kemenangan FishGo, startup asal Denpasar. Foundernya, I Gede Merta Yoga sempat tak percaya jika platform besutannya mampu mengalahkan ke-20 startup finalis lainnya. Pasalnya, startup yang lain pun tampil dengan presentasi yang matang dan menawarkan ide menarik sekaligus bernilai sosial tinggi.

Tapi jangan salah Ladies, walau tidak berharap banyak, FishGo memang layak disebut sebagai salah satu pemenang The NextDev Talent Scouting 2018. Selain memiliki produk yang kuat, social impact yang ditawarkan memang luar biasa, yaitu membantu mendeteksi keberadaan ikan di laut serta mampu mendata hasil tangkapan ikan dari nelayan di Badung, Bali.

Opini yang sama juga dilontarkan oleh salah satu dewan juri, Dennis Adhiswara. "Startup FishGo punya social impact yang luar biasa karena membantu nelayan, terlebih lagi di Bali, mendapat hasil tangkap setiap kali melaut. Sehingga produktivitas nelayan di sana meningkat. Ujung-ujungnya, meningkatkan kesejahteraan nelayan," ungkap founder sekaligus CEO dari Layaria.

Ide inovatif ini didapat oleh Yoga yang miris melihat kehidupan nelayan di Badung yang rata-rata hidup serba kekurangan, walau hampir tiap hari melaut. Ternyata, tidak jarang hasil tangkapan ikan para nelayan hanya sedikit karena masih mengandalkan metode manual.

Sarjana Ilmu Kelautan Universitas Udayana ini kemudian merintis FishGo dengan dua orang sebagai tim inti dan delapan orang sebagai tim lapangan. Platrom ini menawarkan teknologi berbasis Google Maps dan penginderaan jauh untuk menemukan lokasi ikan yang berkumpul di laut. Bukan hanya itu saja, FishGo juga menambahkan fitur panduan harga jual di tempat pelelangan ikan, agar nelayan mendapatkan harga yang pantas.

Usaha FishGo mulai membuahkan hasil, Ladies. Kemenangan di The NextDev 2018 melengkapi prestasi sebelumnya saat meraih penghargaan Innovation Festival 2017 yang diadakan Pemerintah Kabupaten Badung. Harapan Yoga ke depannya, hal ini dapat memperkuat relasi FishGo dengan pemerintah, sehingga dapat memberikan dukungan penuh bagi para nelayan.

Tak menyangka bisa menang, FishGo layak menyandang titel Best of The Best The NextDev Talent Scouting 2018 berkat social impact luar biasa yang ditawarkan. Congrats!

(vem/aik)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Ideafest X The NextDev
#AccousticInterview Ghea Indrawari - Rinduku (Part 1)