Sukses

Lifestyle

130 Mahasiswa Kedokteran Lakukan Pemeriksaan Gigi Gratis di Batam

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Namun sebagian masyarakat Indonesia di beberapa daerah masih memiliki tingkat kesadaran dan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut yang tergolong rendah.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional tahun 2013 menunjukkan angka karies gigi (DMF-T) rata-rata di Kota Batam, Kepulauan Riau adalah 4,9 yang berarti dari 32 gigi yang dimiliki oleh masyarakat Kota Batam, Kepulauan Riau rata-rata 5 gigi di antaranya bermasalah.

Keadaan ini diperparah dengan jumlah tenaga kesehatan yang jauh dari komposisi ideal. Di Kota Batam, Kepulauan Riau, berdasarkan data Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2013 jumlah dokter gigi hanya 177 orang.

Fakta-fakta memprihatinkan tersebut mendorong Formula, sebagai merek perawatan gigi asli Indonesia, berkomitmen untuk membantu mengatasi permasalahan gigi masyarakat Indonesia melalui program “Formula untuk Indonesia” yang bekerja sama dengan sejumlah pihak.

Pada kesempatan kali ini Formula menggandeng FKG Trisakti, dan dilaksanakan di Kota Batam, Kepulauan Riau pada tanggal 6-11 Agustus 2018. Formula, menemukan banyak permasalahan dalam perawatan gigi dan mulut. Selain kesadaran dan tingkat pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut yang masih rendah, ternyata kemajemukan budaya dan kebiasaan masing-masing daerah dapat juga menjadi pangkal permasalahan.

Misalnya saja kebiasaan masyarakat Palembang mengonsumsi makanan yang mengandung asam dan cuka, yang berakibat pada rentannya mereka mengalami pengeroposan gigi. Bahkan di salah satu wilayah di Malang, Formula menemukan fakta dimana masyarakatnya menggunakan satu sikat gigi bersama-sama. Tentu saja, bila hal tersebut dibiarkan tanpa didukung kegiatan yang sifatnya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai cara merawat gigi yang benar, maka permasalahan gigi dan mulut di Indonesia akan semakin memburuk.

“Tahun ini OT berusia 70 tahun, perusahaan kami hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat akan beragam produk konsumen. Salah satunya produk kesehatan gigi dan mulut, Formula. Tidak hanya semata bisnis, kami juga selalu berusaha menjalankan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Dan kami tidak menjalankannya sendiri, kami menggandeng institusi-institusi yang memiliki visi yang sama,” papar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT.

Untuk kesempatan kali ini Formula untuk Indonesia kembali bekerja sama dengan FKG Trisakti menjalankan aksi sosial di wilayah Indonesia Bagian Barat, tepatnya di Kota Batam, Kepulauan Riau.

“Di Kota Batam, Kepulauan Riau, ditemukan angka rata- rata kejadian tingkat karies di 4,9. Angka yang terbilang tinggi. Di wilayah ini hanya ada 177 dokter gigi yang melayani kurang lebih 1.864.142 penduduk” jelas Harianus. “Padahal rasio idealnya menurut data WHO adalah 1 dokter untuk 2.500 penduduk” tambah Harianus.

“Kegiatan yang kami lakukan kali ini adalah Kegiatan Pengenalan Lapangan (KPL) mahasiswa FKG Trisakti sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap kedatangan kami bersama Formula dapat membantu memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut melalui pendidikan kedokteran gigi. Disamping itu kegiatan KPL ini juga memberikan pengobatan gigi dan mulut bagi masyarakat termasuk anak-anak dan dewasa di Kota Batam, Kepulauan Riau” tegas Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes dekan FKG Trisakti.

Kegiatan Formula untuk Indonesia bersama FKG Trisakti ini melibatkan 130 mahasiswa (Klinik dan Non Klinik), 37 panitia dan bagian pendidikan, serta 10 dosen dan staff pengajar. Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, program ini ditargetkan dapat menangani kurang lebih 3.500 penduduk Kota Batam, Kepulauan Riau, melalui kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis serta upaya promotif melalui penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut mereka.

 

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading