1. VEMALE
  2. /
  3. HOT EVENT

HeForShe Run, Karena Pria Juga Berperan Untuk Kesetaraan Wanita

Rabu, 28 Februari 2018 13:30 Penulis: Zika Zakiya
Copyright: Vemale.com

Vemale.com - Ladies, sadarkah kamu bahwa ada perbedaan gaji hingga 16 persen antara pria dan wanita di perusahaan di Indonesia? Meski wanita memiliki skill yang sama, hanya ada lima persen wanita yang menduduki jabatan CEO atau duduk di dewan direksi. Pria juga lebih dilibatkan sebanyak 85 persen di tempat kerja dibanding perempuan yang hanya 51 persen.

Semua ketidaksetaraan itu akhirnya membuat peran perempuan menjadi lemah dalam bargaining position. Untuk mendapatkan kesetaraan itu, wajib ada peran pria karena bakal menghasilkan dampak yang lebih kuat.

Di sinilah peran Indonesia Business Coalition for Women (IBCWE) mencoba berperan. Badan yang diinisiasi di Australia sejak 2014 itu mencoba memfasilitasi perusahaan yang ingin menerapkan kesetaraan gender.

"Banyak perusahaan yang bingung apa yang harus dilakukan, itulah kenapa kami para bisnis koalisi ingin menganut prinsip investing in women," ujar Sinta Wijaya Kamdani selaku Presiden IBCWE dalam jumpa pers 'HeforShe Run 2018' di kawasan Epicentrum,  Jakarta Selatan, Selasa (27/2).

"Program pertama dari kami adalah kesetaraan gender dan invest in women untuk meningkatkan keberdayaan mereka jadi pengusaha," tambahnya.

HeforShe Run sendiri akan digelar pada Minggu, 4 Maret 2018 dengan rute sejauh 5K dan 10K di sekitaran Epicentrum, Kuningan, Jaksel. Sifat acara ini adalah for fun dan untuk lebih mengingatkan pentingnya kesetaraan gender dalam dunia kerja.

Olahraga lari dianggap sebagai simbol yang tepat karena menitikberatkan pada sportivitas dan bukan pada jenis kelamin. Lari juga dipandang sedang populer dan jadi medium tepat untuk menyebarkan nilai kesetaraan.

IBCWE dan HeforShe Run didukung oleh Badan PBB untuk perempuan, UN Women, yang menyatakan bahwa kesetaraan gender di dunia kerja akan memberi manfaat untuk lelaki dan perempuan. "Program HeforShe ini dimulai dari 2014 dan memasukkan kaum pria untuk pemberdayaan wanita. Karena kita bersama-sama butuh dukungan untuk mengatasi gender gap di dunia kerja," tutur Sabine Machl sebagai perwakilan UN Women saat berbincang di acara yang sama.

Dengan adanya kesadaran dari semua pihak,  semoga gerakan ini bisa menutup kesenjangan yang ada di perusahaan di Indonesia. Lari yuk sis :)

(vem/zzu/ivy)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Acara Seru
Melewati Batas, Meraih Mimpi - Jonathan Cristie