KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. HOT EVENT

6 Usaha Rintisan Indonesia Siap Ramaikan South by Southwest (SXSW) 2018

Rabu, 14 Februari 2018 11:20 Penulis: Zika Zakiya
Konferensi Pers Archipelageek from Indonesia to SXSW 2018/Bekraf

Vemale.com - Startup atau biasa yang dikenal dengan usaha rintisan dari Indonesia ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Enam di antaranya ternyata dianggap unik dan mampu memberikan perubahan sehingga layak diundang ke event internasional South by Southwest (SXSW) 2018.

SXSW sendiri merupakan event festival seni kreatif dan teknologi terbesar di dunia dan akan berlangsung pada 9 - 18 Maret 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat. Adapun keenam usaha rintisan itu antara lain Kata.ai, Seruniaudio, SAFT7ROBOTICS, Squline, Vestifarm, dan Mycotech.

Selain itu diundang pula tiga musisi Indonesia yakni Rich Brian (lebih dikenal sebagai Rich Chigga), Efek Rumah Kaca, dan Kimokal. Ini belum ditambah dengan Minikino --organisasi Indonesia yang menyelenggarakan berbagai bentuk festival film pendek serta kegiatan pendukungnya.

Menurut Ricky Pesik sebagai Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), ini adalah kali kedua Indonesia tampil di ajang SXSW. "Bekraf memastikan ada Indonesia di paviliun Indonesia di SXSW. SXSW adalah festival hipster terbesar di dunia dan ini adalah market hub untuk pelaku rintisan mempromosikan diri mereka," ujar Ricky dalam jumpa pers yang digelar di XXI Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (13/2),

Paviliun Indonesia di SXSW 2018 akan dinamai Pavilion Archipelageek. Paviliun ini sekaligus jadi ajang pemasaran Indonesia di kancah internasional. Sayangnya, kata Ricky, belum ada film Indonesia yang dianggap layak untuk diundang oleh pihak kurator SXSW. Namun sebaliknya, malah musik Nusantara yang diminati untuk diundang ke perhelatan tersebut.

Salah satunya adalah band indie alternatif, Light Craft, yang sempat diundang ke SXSW 2017. Menurut Iman sebagai vokalis, kedatangan mereka di SXSW tahun lalu membawa banyak dampak positif.

"Bisa tampil di sana (SXSW) saja rasanya sudah bangga, apalagi tampil ketika mewakili negara sendiri. Kita jadi punya banyak kolega dan saat di sana kita diperlakukan seperti keluarga," ujar Iman sebelum tampil di hadapan awak media di kesempatan yang sama.

Well, good luck untuk semua undangan yang akan mewakili Tanah Air. Semoga bisa mengharumkan nama bangsa :)

(vem/zzu)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Jangan Dibuang, Kamu Bisa Manfaatkan Sikat Maskara Untuk ...
01:39