KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. HOT EVENT

Micro Galleries, Pameran Unik yang Jadikan Gang Sempit Sebagai Galeri

Senin, 25 September 2017 10:37 Penulis: Zika Zakiya
Micro Galleries/Dok.Micro Galleries

Vemale.com - Satu lagi pagelaran seni yang tak biasa dihelat di Jakarta; Micro Galleries. Galeri kesenian yang satu ini tidak akan kamu temui di dalam sebuah ruang pamer tertutup dan terembus dinginnya penyejuk ruangan. Melainkan ruang galeri yang berada di ruang terbuka, tepatnya di dinding gang kecil di wilayah Kampung Kecil di Jl.Raya Kebayoran Lama dan Jl.Kebon Nanas I, Jakarta Selatan.

Micro Galleries akan digelar pada Jumat, 6 Oktober sampai dengan Minggu, 8 Oktober 2017. Khusus untuk tanggal 7 Oktober, akan dipamerkan karya-karya seniman perempuan bertajuk, “Women on the Wall”. Mereka akan melakukan mural langsung mulai dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

“Women on the Wall” akan mengajak seluruh perempuan yang ada di kampung tersebut bersama dengan para seniman untuk membuat mural yang berfokus pada isu-isu penguatan perempuan baik lokal maupun global. "Kami senang dapat merangkai berbagai kegiatan yang akan terjadi nanti, dan melihat secara menyeluruh bahwa akan banyak sekali kegiatan kreatif yang bebas diakses oleh siapa saja selama dua minggu kegiatan, khususnya di pekan pertama pembukaan," ujar Direktur Artistik Global, Kat Roma Greer, dalam siaran pers pada vemale.com.

Micro Galleries/Dok.Micro Galleries

Micro Galleries akan melibatkan 50 orang seniman dari Indonesia dan dunia yang bakal menggambar, memasang, membuat pertunjukkan, dan memproyeksikan karya seni mereka di sepanjang lorong, sudut, dan beberapa lokasi tertutup gang tersebut. Sehingga tercipta suatu ilusi bahwa ada labirin tersembunyi yang berupa galeri ruang terbuka.

Pameran unik ini memang sengaja menggunakan ruang-ruang terbuka yang nyaris terlupakan sebagai galeri yang gratis diakses oleh masyakarat lokal maupun pengunjung. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa seni bisa dinikmati oleh semua orang dan mampu memiliki dampak positif pada komunitas terkait.

Karya seni juga tidak melulu harus berada di ruang pamer tertutup dan teater. Tapi dia juga bisa berada di ruang terbuka dan membaurkan dirinya dengan masyarakat. "Karya seni ini menampilkan karya yang menantang gagasan yang tertanam, mengaburkan garis antara seni jalanan dan seni rupa, dan bertujuan untuk membantu mengubah cara kita memandang dunia, lingkungan, dan komunitas," demikian pemaparan Micro Galleries dalam situs resminya.

Catat tanggal pamerannya ya, Ladies. Untuk membantu kamu memahami jalur pameran seni yang akan ditampilkan, simak baik-baik peta sederhananya berikut.

Micro Galleries

(vem/zzu)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Acara Seru