Sukses

Lifestyle

Idea Fest, Ajangnya Anak Muda Kreatif Kembali Digelar! Yuk Catat Tanggalnya

Agar bisa selalu mengikuti perkembangan zaman yang makin cepat dari waktu ke waktu, kita dituntut menjadi pribadi yang lebih kreatif, apalagi jika kita masih muda. Menjadi kreatif pun butuh pembelajaran serta pengalaman agar ilmu kita bertambah dan siap bersaing dengan orang lain.

Inilah mengapa masyarakat Indonesia, terutama kaum muda membutuhkan ruang belajar agar menjadi sosok yang lebih kreatif. Salah satu wadah untuk mengasah kemampuan tersebut ialah Idea Fest. Menurut Andy F. Noya, selaku Advisor of Idea Fest Idea Fest berangkat dari gagasan yang dimulai dari rasa gundah di tahun 2011 yang begitu pesatnya digital printing.

"Gagasan memang dimulai karena rasa galau melihat teknologi berkembang pesat, dulu sekitar 2011 sedang heboh-hebohnya digital printing. Tapi sayanganya, nggak ada orang kreatif di belakangnya. Akhirnya kita buat Idea Fest, yang menjadi wadah berkumpul dan bercerita, sehingga menjadi sebuah gerakan anak muda kreatif membuat karya yang mampu bersaing dengan belahan dunia lainya," ujar Andy saat ditemui di Rework, Jakarta.

Andy F. Noya selaku Advisor of Idea Fest Idea Fest./Copyright Vemale/Anisha SP

Dari pemikiran tersebutlah, Idea Fest muncul. Sebelumnya Idea Fest pada tahun 2011 diadakan selama dua tahun sekali. Namun menurut Andy, karena animo masyarakat yang mengikuti Idea Fest sangat besar, akhirnya pada tahun ke-3 acara ini diadakan setiap satu tahun sekali.

Memasuki tahun ke-6, Idea Fest sebagai festival kreatif terbesar di Indonesia yang mempertemukan profil-profil kreatif lintas industri skala nasional dan internasional, tahun ini kembali hadir mengusung konsep kolaborasi. Melalui semangat #kolaborAKTIF, Ideafest 2107 akan menghadirkan kurang lebih 130 nama pembicara sekaligus sederetan rangkaian acara seperti conference, Ideatalks, O2O Bazaar, Spice Up! Boot Camp, dan berbagai sesi kreatif menarik lainnya.

Acara yang diadakan pada tanggal 5 sampai 6 Oktober 2017 di Jakarta Convention Center ini akan memunculkan ide-ide kreatif yang segar demi memajukan industri dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Tema besar kolaborasi di tahun ini, Andi Sadha selaku Co-Chairman Idea Fest 2017 memaparkan bahwa semangat kolaborasi merupakan kunci sukses mengembangkan ekonomi kreatif dan mendukung revolusi masyarakat kreatif di Indonesia.

Tema semangat #kolaborAktif inilah yang akan diwujudkan dalam rangkaian acara Idea Fest 2017 serta menjadi faktor utama pemilihan line up speaker yang akan tampil tahun ini. Sejauh ini sudah lebih dari 80 sesi dengan 130 nama insan kreatif tanah air seperti Leonard Theosabrata, Kevin Kumala, Faye Simanjuntak, Alvin T, hingga Raisa Adriana yang akan berpartisipasi dalam Idea Fest 2017.

"Nilai kolaborasi ini juga semakin terasa kental saat Idea Fest 2017 menggandeng Qlapa.com, Moka Post, dan Koffie & Foodie Market untuk menjadi kurator tenant yang akan mengisi O2O (Online to Offline) Bazaar. Bazaar unik ini yang akan dibagi dalam dua area, Art & Craft dan Food & Beverages diharapkan dapat memberikan sensasi pengalaman berbelanja produk-produk yang selama ini hanya dijual online," ujar Andi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini Idea Fest 2017 juga memiliki satu program berbeda hasil kolaborasi dengan Endeavor Indonesia, yaitu Spice Up! Boot Camp. Sati Rasuanto selaku Managing Director Endeavor Indonesia menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk menginspirasi serta membantu entrepreneur muda bidang makanan dan minuman untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan Idea Fest dan bertemu dengan sederetan penggiat kreatif dari berbagai industri. Di Spice Up! Boot Camp, para entrepreneur yang telah terseleksi akan mendapatkan mentoring, koneksi dan berbagai kesempatan belajar dan membangun jaringan agar mereka dapat berfokus menghadapi tahapan penting yang spesifik dalam bisnisnya selama enam bulan ke depan,” ungkapnya. Lima pengusaha yang telah terseleksi untuk mengikuti program Spice Up! Boot Camp adalah pendiri Shirokuma, Beau, Randol, Mie Merapi dan Tanamera

“Kami berharap kehadiran Idea Fest 2017 dapat membawa angin segar bagi para pelaku industri kreatif, serta dapat memunculkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia," tambah Ben Subiakto selaku Co-Chairman Ideafest 2017.

Nah, kamu tertarik mengikuti event ini ladies? Jika ya, tiket Idea Fest 2017 dibuka mulai harga Rp. 1.100.000 untuk Idea Talks atau Conference hingga Rp. 1.500.000 untuk 2 Days Pass. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Idea Fest, kamu bisa langsung mengintip web www.ideafest.id dan ikuti media sosial @ideafestid di Instagram dan Twitter. Sampai ketemu di sana, ya!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading