Sukses

Lifestyle

Sentuhan Ibu Cukup untuk Mengembangkan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus

Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan bagi setiap orangtua. Namun, tidak ada manusia yang sempurna, inilah mengapa tak sedikit orangtua dianugerahi anak-anak spesial yang memiliki kebutuhan berbeda, baik secara fisik maupun psikis.

Tentu, saat orangtua memiliki anak spesial ini, banyak perdebatan dan tantangan dalam merawatnya, seperti memikirkan pendidikan, atau mengajarkan mereka mengenal lingkungan. Bahkan tak jarang banyak orangtua tidak percaya diri memperkenalkan anaknya yang berkebutuhan khusus (ABK).

Padahal kasih sayang yang tulus, sentuhan seorang ibu, dan memberikan anak ruang gerak seluas-luasnya seperti anak lainnya ialah hal termudah memaksimalkan tumbuh kembangnya. Jadi teruslah memberikan sentuhan kasih sayang pada anak-anak moms, jangan berputus asa dan tersenyumlah, karena moms segalanya bagi mereka.

Hal tersebut diungkapkan, Anggiastri Hanantyasari Utami, selaku konsultan Kemuning Kembar. Ia memaparkan, isu yang kerap dihadapi adalah ketika para ibu cenderung pasif dan merasa dunia luar tidak bersahabat, sehingga membuat mereka kehilangan motivasi. Untuk itu, seorang ibu haruslah bisa mengenal emosi dan mampu menerima keadaan, agar ke depannya lebih positif dalam mengelola diri sendiri dan mendampingi putra-putrinya.

Inilah yang membuat Nivea mengadakan program #SentuhanIbu yang telah memasuki periode kedua. Dalam program keduanya nanti, Nivea #SentuhanIbu akan hadir di SLB N Bekasi Jaya dan SLB N 2 Yogyakarta mulai Agustus 2017.

Diana Riaya, Media Manager, PT Beiersdorf Indonesia, menjelaskan, “NIVEA #SentuhanIbu Periode 1 dilaksanakan kurang lebih selama 1,5 tahun dengan program pembekalan bertahap bagi para peserta, yang kini telah mengubah pola pikir dan perilaku jauh lebih antusias dalam meningkatkan keterampilan, meraih peluang untuk mengembangkan potensi anak, dan berkontribusi kepada keluarga.

Acara NIVEA #SentuhanIbu/copyright Vemale.com/Anisha

"Sebagai pengembangan program, kami menyeleksi beberapa peserta menjadi Ambassador NIVEA #SentuhanIbu dan menjalani training of trainers agar mereka dapat menyemangati dan berbagi dengan para ibu lainnya yang memiliki isu serupa. NIVEA juga ingin menginspirasi lebih banyak ibu melalui film pendek dan buku Sentuhan Ibu yang berisikan pengalaman dan pembelajaran dari peserta program ini," ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Psikolog Anggiastri Hanantyasari Utami, M.Psi juga mengatakan program semacam ini sangat penting agar orangtua bisa memiliki wadah pelepasan emosinya, baik sedih, marah, hingga kelelahan secara fisik maupun emosi, sehingga tidak mengganggu perkembangan anak-anak mereka.

"Orangtua, khususnya ibu harus menyelesaikan "masalah" yang ia hadapi terlebih dahulu agar mereka bisa mendidik dan membesarkan anak sesuai kebutuhannya," tutup Anggi.

Kampanye NIVEA #SentuhanIbu Periode 2 mengajak masyarakat berperan aktif dan nyata sebagai sukarelawan melalui akun media sosial resmi NIVEA Indonesia di Facebook NIVEA ID dan Instagram @NIVEA_ID atau mengunduh Buku Sentuhan Ibu via digital. Informasi lebih lanjut dapat mengakses langsung ke www.nivea.co.id.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading